Silabus
PEMBELAJARAN
Sekolah
: .................................
Kelas : VIII (Delapan)
Mata
Pelajaran : Matematika
Semester : I (satu)
ALJABAR
Standar Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi,
fungsi, dan persamaan garis lurus
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indicator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.6
menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus
|
Garis Lurus
|
Menemukan
pengertian garis lurus dan cara menentukan persamaan garis lurus jika gambar
garis diketahui.
|
·
Mengenal
peramaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel.
·
Menentukan
persamaan garis lurus jika gambar garis diketahui.
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
Disajikan
suatu persamaan
kemudian
dibuat grafiknya dengan x variable
pada himpunan bilangan nyata. Apakah yang terbentuk dari persamaan tersebut ?. atau sebaliknya.
|
2 x 40
|
M.
Cholik Adinawan, Sugiono, Matematika 2A untuk SMP kelas VIII Semester 1,
Erlangga, 2007.
|
Menemukan
pengertian gradient suatu garis dengan cara menggambar beberapa garis lurus
pada kertas berpetak.
|
·
Mengenal
pengertian gradient dan menentukan gradient garis lurus dalam berbagai
bentuk.
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
Disajikan
beberapa garis pada kertas berpetak. Tentukan gradien garis-garis tersebut !.
|
2 x 40
|
|||
Menemukan
cara menentukan persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
|
·
Menentukan
persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
Persamaan
garis yang melalui titik (3,1) dan sejajar dengan garis berpersamaan adalah
|
4 x 40
|
|||
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin
Peduli
Tanggung Jawab
Rasa Ingin Tahu
Peduli
Saling Menghargai
Religius.
|
Mengetahui,
Kepala sekolah (nama Sekolah)
(Nama)
(NIP:)
|
Bukittinggi, Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,
(Nama)
(NIP:)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII ( Delapan )
Semester : 1 ( Satu )
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan : Pertama (1)
Standar
Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan
persamaan garis lurus.
Kompetensi
Dasar : 1.6
Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus
A. Indikator
1.6.1 :Mengenal
persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel.
1.6.2 :Menentukan persamaan garis jika gambar garis
diketahui.
B.
Tujuan Pembelajaran
a.
Peserta
didik dapat mengenal persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel
b.
Peserta
didik dapat Menentukan persamaan garis jika gambar garis diketahui.
C. Metode Pembelajaran
Model pembelajaran : tipe STAD ( Student Team Achievement Division )
Metode pembelajaran : Cooperative
Learning ( diskusi, tanya jawab ), pemberian tugas.
D. Materi Ajar
Bentuk
persamaan garis lurus ,
jika dibuat grafiknya dengan variabel
pada himpunan bilangn nyata (real) maka akam terbentuk garis lurus. Oleh krena itu, persamaan seperti disebut persamaan garis lurus.
Persamaan garis lurus dapat dinyatakan
dalam berbagai bentuk dengan berbagai variabel seperti contoh-contoh berikut
ini.
Contoh :
1.
y
= -2x 4. s =20t
2.
y
= 3x + 4 5. s = 60t + 40
3.
2x - 4y + 8 = 0 6.
Q = 40 - 0,5 P
|
Untuk menggambar grafik dari suatu
persamaan yang telah ditentukan, terlebih dahulu tentukanlah paling sedikit dua titik yang dilalui oleh garis itu
dengan menbuat tabel hubungan antara nilai
dan , pilihlah nilai sembarang
untuk menentukan nilai .
Contoh :
Gambarlah grafik dari persamaan !
Jawab :
Persamaan
Jika maka
Titiknya adalah .
Jika maka
Titiknya adalah .
Tabelnya adalah :
x
|
0
|
4
|
y
|
0
|
2
|
(x,y)
|
(0,0)
|
(4,2)
|
Selanjutnya buatlah garis yang melalui titik dan titik
seperti pada gambar disamping.
Periksalah bahwa titik , , , dan terletak pada garis itu, karena nilai y (ordinat) sama dengan kali nilai x (absis).
E.
Skenario pembelajaran
Kegiatan
|
Aktivitas
guru
|
Aktivitas
siswa
|
Waktu
|
Karakter
yang diharapkan
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam dan mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin doa.
2.
Guru
mengabsen siswa
Apersepsi
3.
Mengingatkan
kembali materi pelajaran sebelumnya yang menjadi materi prasyarat pada materi
persamaan garis lurus.
Motivasi
4.
Guru
memberi motivasi pada siswa berhubungan dengan materi yang akan diajarkan.
Introduksi
5.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
1.
Siswa
menjawab salam dan berdoa
2.
Siswa
merespon
absen guru
3.
Siswa
mengingat kembali pelajaran sebelumnya.
4.
Siswa
mendengarkan motivasi yang disampaikan guru.
5.
Siswa
mendengarkan informasi yang disampaikan guru mengenai tujuan pembelajaran
|
10
enit
|
1.
Religius
2.
Disiplin,
peduli.
3.
Berfikir,
peduli.
4.
Peduli,
santun, saling menghargai.
5.
Logis,
saling menghargai
|
Inti
|
Eksplorasi
1.
Guru
memberikan materi mengenai persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan
variabel dan cara menentukan persamaan garis lurus jika gambar garis
diketahui.
Elaborasi
2.
Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok yang terdiri atas empat atau lima
orang.
3.
Guru
membagikan LKS kepada setiap kelompok sebagai bahan yang akan didiskusikan
pada masing-masing kelompok.
4.
Guru
membimbing dan mengontrol siswa dalam kerja kelompok.
5.
Guru
meminta siswa untuk menyerahkan hasil kerja atau diskusi kelompok.
Konfirmasi
6.
Guru
membenarkan dan memberikan umpan balik dan penguatan baik secara lisan,
tulisan maupun isyarat terhadap keberhasilan siswa.
7.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal yang masih
belum dimengerti.
8.
Guru
memberikan motivasi kepada siswa yang belum berpartisipasi aktif.
|
1.
Siswa
mendengarkan penjelasan yang guru tentang materi pembelajaran
2.
Siswa
duduk berdasarkan kelompok yang telah dibentuk oleh guru dan memastikan
seluruh anggota telah paham dengan materi yang disampaikan guru.
3.
Siswa
mendiskusikan LKS yang diberikan oleh guru.
4.
Siswa
aktif menanyakan hal yang tidak dimengerti kepada guru.
5.
Siswa
menyerahkan hasil kerja atau diskusi kelompok kepada guru secara tunggal.
6.
Siswa
merespon apa yang disampaikan oleh guru.
7.
Siswa
menanyakan hal yang masih belum dimengerti tentang materi.
8.
Siswa
mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.
|
55
menit
|
1.
Berfikir,
kreatif.
2.
Kerjasama,
saling menghargai, peduli, tanggung jawab.
3.
Kerjasama,
berfikir kreatif.
4.
Kerjasama,
mandiri, percaya diri, kritis, logis.
5.
Tanggung
jawab.
6.
Peduli,
saling menghargai, santun.
7.
Percaya
diri, kritis, peduli.
8.
Peduli,
percaya diri.
|
Penutup
|
1.
Guru
menyimpulkan atau membuat rangkuman pelajaran bersama-sama dengan siswa.
2.
Guru
memberikan kuis kepada siswa secara individu untuk memperoleh skor akhir.
3.
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar.
4.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan brikutnya.
5.
Guru
memberikan PR ( pekerjaan rumah ) kepada siswa.
6.
Berdoa
pada akhir pembelajaran dan mengucapkan salam.
|
1.
Siswa
ikut menyimpulkan pelajaran dengan guru.
2.
Siswa
mengerjakan kuis dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh skor yang baik juga.
3.
Siswa
merespon terhadap penjelasan guru.
4.
Siswa
mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru untuk pertemuan
selanjutnya.
5.
Siswa
merespon penjelasan guru.
6.
Siswa
berdoa dan menjawab salam guru.
|
15
menit
|
1.
Kerjasama,
kritis, peduli, logis, mandiri.
2.
Berfikir,
mandiri, tanggung jawab, percaya diri, jujur.
3.
Peduli,
saling menghargai.
4.
Peduli,
saling menghargai.
5.
Peduli,
saling menghargai.
6.
Religius.
|
F. Sumber Belajar
M. Cholik Adinawan,
Sugiono, Matematika 2A untuk SMP kelas VIII Semester 1, Erlangga, 2007.
G. Evaluasi
Kuis
:
1.
Dari
persamaan-persamaan berikut ini, manakah yang merupakan persamaan garis lurus ?
a.
b.
c.
d.
e.
f.
g.
h.
Jumlah
nilai = jumlah skor x 10
Mengetahui,
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
(nama) (nama)
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII ( Delapan )
Semester : 1 ( Satu )
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan : Kedua (2)
Standar
Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan
persamaan garis lurus.
Kompetensi
Dasar : 1.6
Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus.
A. Indikator
1.6.3 : Mengenal
pengertian gradien dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk.
B.
Tujuan Pembelajaran
a.
Peserta
didik dapat mengenal pengertian gradien dan menentukan gradien garis lurus
dalam berbagai bentuk.
C. Metode Pembelajaran
Metode : Ekspositori, Tanya jawab dan
Pemberian Tugas
Model : Konstruktivisme dan Pembelajaran
Kooperatif
Pendekatan : Pemahaman Konsep dan Pendekatan Proses
D. Materi Ajar
1. Pengertian Gradien
Gradien / kemiringan
garis
|
Perubahan nilai dapat juga ditulis dengan , dibaca “delta ”,
dan perubahan nilai dapat juga ditulis
dengan , dibaca “delta ”.
2.
Gradien garis yang melalui dua titik dan melalui satu
titik dengan gradien tertentu
Untuk sembarang titik dan
yang terletak pada garis, maka
atau dengan
adalah perubahan nilai pada garis
AB dan adalah perubahan nilai pad garis AB.
Contoh :
Tentukan gradien garis yang menghubungkan
pasangan titik dan !.
Jawab :
Perhatikan titik dan .
, maka dan
, maka dan
Atau
Ternyata hasilnya sama. Karena itu pilih
salah satu cara saja.
Misalkan
dan masing-masing menyatakan
gradien p dan q.
a.
Garis p sejajar garis q jika dan hanya
jika .
b.
Garis p tegak lurus garis g jika dn hanya
jika .
Contoh :
Garis k
yang bergradien tegak lurus dengan
garis l. Tentukan gradien garis l!.
Jawab :
Misalkan garis dan gradien garis , maka :
Jadi gradien garis l adalah .
·
Jika gradien garis garis m diketahui dan melalui maka persamaan garisnya adalah .
·
Jika gradien garis m diketahui dan melalui maka
persamaan garisnya adalah dengan adalah titik potong garis dengan sumbu Y.
Persamaan
garis yang melalui titik dan bergradien m adalah
Persamaan
garis yang melalui sembarang titik
dan adalah :
Contoh :
Tentukan persamaan garis yang melalui
pangkal koordinat dan bergradien .
Jawab :
Gradien , maka .
Garis melalui titik pangkal
koordinat, yaitu
Persamaan garisnya adalah .
.
E.
Skenrio pembelajaran
Kegiatan
|
Aktivitas
guru
|
Aktivitas
siswa
|
waktu
|
Karakter
yang diharapkan
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam dan mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin doa.
2.
Guru
mengabsen siswa
Apersepsi
3.
Guru
mengingatkan kembali materi pembelajaran sebelumnya
4.
Guru
membahas PR yang sulit.
Motivasi
5.
Guru
memberi motivasi pada siswa berhubungan dengan materi yang akan diajarkan.
Introduksi
6.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
1.
Siswa
menjawab salam dan berdoa
2.
Siswa
merespon absen guru
3.
Siswa
mengingat kembali pembelajaran sebelumnya
4.
Siswa
mengajukan pertanyaan tentang soal PR yang dirasa sulit.
5.
Siswa
mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.
6.
Siswa
mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru mengenai tujuan
pembelajaran.
|
20 menit
|
1.
Religius
2.
Peduli,
disiplin.
3.
Rajin,
mandiri.
4.
Peduli,
tanggung jawab, mandiri.
5.
Peduli.
6.
Peduli,
tanggung jawab.
|
Inti
|
Eksplorasi
1.
Guru
memberikan modul kepada siswa.
2.
Guru
meminta siswa untuk mencari informasi dari modul yang diberikan tentang
pengertian gradien.
3.
Dengan
cara Tanya jawab guru menjelaskan tentang pengertian gradient melalui
beberapa contoh soal.
Elaborasi
4.
Guru
membagi siswa beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.
5.
Guru
meminta setiap kelompok untuk mendiskusikan mengenai menentukan gradien garis
lurus dalam berbagai bentuk.
6.
Guru
meminta siswa untuk menarik kesimpulan dari hasil diskusi kelompok dan
memahami dari buku dan modul tentang menentukan gradient garis lurus dalam
berbagai bentuk.
7.
Guru
meminta siswa utusan masing-masing kelompok menjelaskan ke depan tentang
materi yang didiskusikan.
8.
Guru
bersama siswa membahas beberapa contoh soal menentukan gradien garis lurus
dalam berbagai bentuk.
9.
Guru
meminta siswa mengerjakan soal latihan pada buku latihan.
10.
Guru
berkeliling mencek pekerjaan siswa sambil memberikan bimbingan.
Konfirmasi
11.
Guru
memberikan penegasan terhadap hasil diskusi.
12.
Guru membimbing siswa untuk melakukan
refleksi.
13.
Guru
membimbing siswa menemukan makna-makna dan nilai-nilai dari materi yang
dijelaskan.
|
1.
Siswa
menerima modul yang diberikan oleh guru.
2.
Siswa
mencari informasi dari modul tentang pengertian gradien.
3.
Siswa
ikut Tanya jawab dengan guru tentang pengertian gradien melalui beberapa
contoh soal.
4.
Siswa
duduk berdasarkan kelompok yang telah dibentuk oleh guru.
5.
Siswa
dalam setiap kelompok berdiskusi mengenai menentukan gradient garis lurus
dalam berbagai bentuk.
6.
Siswa
menarik kesimpulan dari hasil diskusi kelompok dan memahami dari buku dan
modul tentang menentukan gradient garis lurus dalam berbagai bentuk.
7.
Siswa
utusan masing-masing kelompok menjelaskan ke depan tentang materi yang
didiskusikan.
8.
Siswa
ikut membahas beberapa contoh soal menentukan gradient berbagai bentuk.
9.
Siswa
mengerjakan soal latihan pada buku latihan.
10.
Siswa
menanyakan hal yang tidak dimengerti pada guru.
11.
Siswa
mendengarkan penegasan dari guru terhadap hasil diskusi.
12.
Siswa
melakukan refleksi dengan bimbingan guru.
13.
Siswa
menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan.
|
45
menit
|
1.
Tanggung
jawab, rasa ingin tahu, mandiri.
2.
Tanggung
jawab, rasa ingin tahu, kreatif.
3.
Tanggung
jawab kreatif.
4.
Peduli, disiplin.
5.
Tanggung
jawab, kerjasama, kreatif, saling menghargai.
6.
Kerjasama,
saling menghargai, kreatif, tanggung jawab.
7.
Tanggung
jawab, saling menghargai, kreatif.
8.
Peduli,
kreatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu.
9.
Rasa
ingin tahu, tanggung jawab, peduli.
10.
Rasa
ingin tahu, mandiri.
11.
Peduli,
saling menghargai.
12.
Mandiri.
13.
Rasa
ingin tahu, mandiri.
|
Penutup
|
1.
Guru
membimbing siswa membuat rangkuman
2.
Guru
memberikan kuis secara individu untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap
materi yang diberikan.
3.
Guru
memberikan PR untuk dikerjakan di rumah.
4.
Berdoa
pada akhir pembelajaran dan mengucapkan salam kepada siswa.
|
1.
Siswa
membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2.
Siswa
mengerjakan kuis secara individu.
3.
Siswa
merespon informasi yang disampaikan guru dan mengerjakan PR di rumah.
4.
Siswa
berdoa dan menjawab salam guru.
|
15
menit
|
1.
Rasa
ingin tahu, peduli.
2.
Mandiri,
kreatif.
3.
Peduli,
disiplin, tanggung jawab.
4.
Religius.
|
F. Sumber Belajar
M. Cholik Adinawan, Sugiono, Matematika
2A untuk SMP kelas VIII Semester 1, Erlangga, 2007.
G. Evaluasi
Kuis :
1.
Hitunglah
gradien garis yang menghubungkan pasangan titik dan .
2.
Suatu garis q yang bergradien . Tentukan gradien garis lain jika garis itu
sejajar dengan garis q.
Jumlah
nilai = jumlah skor x 10
Mengetahui,
Kepala
SMP Guru
Mata Pelajaran
(nama) (nama)
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII ( Delapan )
Semester : 1 ( Satu )
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan : Ketiga (3)
Standar
Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan
persamaan garis lurus.
Kompetensi
Dasar : 1.6
Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus.
A. Indikator
1.6.4 : Menentukan persamaan garis dan koordinat
titik potong dua garis.
B.
Tujuan Pembelajaran
a.
Peserta
didik dapat menentukan persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
C. Metode Pembelajaran
Model pembelajaran : tipe TAI (Team Assisted Individualization atau Team
Accelerated Instruction)
Metode pembelajaran: Cooperative Learning ( diskusi, tanya
jawab ), pemberian tugas.
D. Materi Ajar
·
Persamaan garis yang
saling sejajar
Jika garis dengan
persamaan dan
saling sejajar maka .
Contoh :
Tunjukkan bahwa garis dengan persamaan dan
saling sejajar.
Jawab :
, maka
, maka
Karena , maka garis sejajar dengan garis .
·
Persamaan garis yang
saling berimpit
Jika garis dengan
persamaan dan
saling berimpit maka dan .
Contoh :
Tunjukkan bahwa
garis dengan persamaan dan saling berimpit !.
Jawab :
, maka dan
dan
Karena dan ,
maka garis dan saling berimpit.
·
Persamaan garis yang
saling berpotongan
Jika garis dengan
persamaan dan
saling berpotongan maka .
Contoh :
Tentukan hubungan antara garis dengan persamaan dengan garis .
Jawab :
Karena , maka kedua garis tersebut saling berpotongan.
·
Persamaan garis yang
saling berpotongan tegak lurus
Jika garis dengan
persamaan dan
saling berpotongan tegak lurus maka .
Contoh :
Tentukan hubungan antara garis dengan persamaan dengan garis !.
Jawab :
, maka garis
berpotongan dengan .
Karena , maka garis
dan berpotongan tegak lurus.
E.
Skenrio pembelajaran
Kegiatan
|
Aktivitas
guru
|
Aktivitas
siswa
|
waktu
|
Karakter
yang diharapkan
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam dan mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin doa.
2.
Guru
mengabsen siswa
Apersepsi
3.
Guru
mengingatkan kembali materi pembelajaran sebelumnya
4.
Guru
membahas PR yang sulit.
Motivasi
5.
Guru
memberi motivasi pada siswa berhubungan dengan materi yang akan diajarkan.
Introduksi
6.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
1.
Siswa
menjawab salam dan berdoa
2.
Siswa
merespon absen guru
3.
Siswa
mengingat kembali pembelajaran sebelumnya
4.
Siswa
mengajukan pertanyaan tentang soal PR yang dirasa sulit.
5.
Siswa
mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.
6.
Siswa
mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru mengenai tujuan
|
20
menit
|
1.
Religius
2.
Peduli,
disiplin.
3.
Rajin,
mandiri.
4.
Peduli,
tanggung jawab, mandiri.
5.
Peduli.
6.
Peduli,
tanggung jawab.
|
Inti
|
Eksplorasi
1.
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi pelajaran secara
individual.
2.
Guru
memberikan kuis secara individual kepada siswa untuk mendapatkan skor awal.
Elaborasi
3.
Guru
membentuk beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang dengan tingkat
kemampuan yang berbeda-beda.
4.
Guru
meminta setiap kelompok mendiskusikan hasil belajar siswa secara individual.
5.
Guru
memberikan tugas kepada siswa agar setiap angota kelompok saling memeriksa
jawaban teman satu kelompok.
Konfirmasi
6.
Guru
memberikan penegasan pada materi pelajaran yang telah dipelajari.
|
1.
Siswa
mempelajari materi pelajaran secara individual.
2.
Siswa
mengerjakan kuis secara individual.
3.
Siswa
duduk berdasarkan kelompok yang telah dibentuk oleh guru.
4.
Siswa
pada setiap kelompok mendiskusikan hasil belajar yang mereka kerjakan secara
individual.
5.
Siswa
saling memeriksa jawaban teman satu kelompok.
6.
Siswa
mendengarkan penegasan materi pelajaran yang telah dipelajari.
|
45
menit
|
1.
Mandiri,
kreatif, bertanggung jawab, rasa ingin tahu.
2.
Mandiri,
kreatif, bertanggung jawab, sportif, jujur, percaya diri.
3.
Kerjasama, saling menghargai, peduli,
tanggung jawab.
4.
Kerjasama,
saling menghargai, tanggung jawab, peduli.
5.
Jujur,
bertanggung jawab, saling menghargai.
6.
Peduli.
|
Penutup
|
1.
Guru
memfasilitasi siswa dalam membuat rangkuman materi yang telah dipelajari.
2.
Guru
memberikan kuis kepada siswa secara individual.
3.
Guru
memberi penghargaan pada kelompok berdasarkan perolehan nilai peningkatan
hasil belajar individual dari skor awal ke skor kuis berikutnya (terkini).
4.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.
Guru
memberikan PR kepada siswa.
6.
Berdoa
pada akhir pembelajaran dan mengucapkan salam kepada siswa.
|
1.
Siswa
membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
2.
Siswa
mengerjakan kuis yang diberikn guru secara individual.
3.
Siswa
pada kelompok yang memperoleh peningkatan hasil belajar menerima penghargaan
dari guru.
4.
Siswa
mendengarkan informasi yangdisampaikan oleh guru.
5.
Siswa
merespon informasi yang disampaikan guru dan mengerjakan PR di rumah.
6.
Siswa
berdoa dan menjawab salam guru.
|
15
menit
|
1.
Kerjasama,
peduli, kritis.
2.
Mandiri,
kreatif, bertanggung jawab, sportif, jujur, percaya diri.
3.
Saling
menghargai.
4.
Peduli.
5.
Peduli,
disiplin, tanggung jawab.
6.
Religius.
|
F.
Sumber Belajar
M. Cholik Adinawan,
Sugiono, Matematika 2A untuk SMP kelas VIII Semester 1, Erlangga, 2007.
G. Evaluasi
Kuis :
1.
Tentukan
persamaan garis yang melalui titik dan tegak lurus
dengan garis .
Jumlah
nilai = jumlah skor x 10
Mengetahui,
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
(nama) (nama)
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII ( Delapan )
Semester : 1 ( Satu )
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan : Keempat (4)
Standar
Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan
persamaan garis lurus.
Kompetensi
Dasar : 1.6
Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus.
A. Indikator
1.6.1 :Menjelaskan pengetian dan menentukan gradien
garis lurus dalam berbagai bentuk.
1.6.2 : Menentukan
persamaan garis jika gambar garis diketahui.
1.6.3: Mengenal
pengertian gradien dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk.
1.6.4 : Menentukan persamaan garis dan koordinat
titik potong dua garis.
B.
Tujuan Pembelajaran
a.
Peserta
didik dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan
dengan materi mengenai persamaan garis lurus, yaitu mengenai persamaan garis
lurus dalam berbagai bentuk dan variabel, cara menentukan persamaan garis atau
jika gambar garis diketahui, mengenal dan menentukan gradien, serta cara
menentukan persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
C. Metode Pembelajaran
D. Materi Ajar
Materi
pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga
E.
Skenrio pembelajaran
Kegiatan
|
Aktivitas
guru
|
Aktivitas
siswa
|
waktu
|
Karakter
yang diharapkan
|
Pendahuluan
|
Apersepsi
1.
Guru
menyusun tempat duduk siswa.
Motivasi
2.
Guru
memotivasi siswa agar dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan
baik tentang persamaan garis lurus, yaitu mengenai persamaan garis lurus
dalam berbagai bentuk dan variable, cara menentukan persamaan garis atau
jika gambar garis diketahui, mengenal dan menentukan gradien, serta
cara menentukan persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
Introduksi
3.
Guru
menyampaikan tujuan diadakannya ulangan harian.
|
1.
Siswa
duduk sesuai dengan susunan yang diatur oleh guru.
2.
Siswa
mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.
3.
Siswa
mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru.
|
5
menit
|
1.
Peduli,
tanggung jawab.
2.
Peduli.
3.
Peduli,
tanggung jawab.
|
Inti
|
Eksplorasi
1.
Guru
meminta siswa untuk mengeluarkan kertas ulangan dan peralatan tulis
secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
Elaborasi
2.
Guru
memberikan lembar soal ulangan harian.
3.
Guru
mengingatkan waktu pengerjaan soal ulangan harian dan memberi peringatan
bahwa ada sanksi bila siswa mencontek.
4.
Guru
meminta siswa untuk mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal
ulangan harian telah selesai.
Konfirmasi
5.
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
6.
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
|
1.
Siswa
merespon perintah yang disampaikan oleh guru.
2.
Siswa
menerima lembar soal ulangan harian yang diberikan oleh guru.
3.
Siswa
mendengarkan dan merespon yang disampaikan guru.
4.
Siswa
memberikan kertas ulangan kepada guru untuk dikumpulkan.
5.
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum diketahuinya dan menjawab pertanyaan guru.
6.
Guru
ikut bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, ikut menyimpulkan bersama
guru, dan mendengarkan penguatan yang disampaikan oleh guru.
|
50
menit
|
1.
Peduli.
2.
Peduli.
3.
Tanggung
jawab, peduli, mandiri, percaya diri, jujur, kreatif.
4.
Peduli,
disiplin, tanggung jawab, jujur.
5.
Rasa
ingin tahu, tanggung jawab, kreatif, disiplin.
6.
Tanggung
jawab saling menghargai, peduli.
|
Penutup
|
1.
Guru
memberikan Pekerjaan Rumah (PR) dari
soal-soal dalam buku paket yang belum terselesaikan/ dibahas di kelas.
2.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3.
Berdoa
pada akhir pembelajaran dan mengucapkan salam kepada siswa.
|
1.
Siswa
merespon dan mengerjakan PR dari sol-soal dalam buku paket yang belum
terselesaikan / dibahas di kelas.
2.
3.
Siswa
mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru untuk pertemuan
selanjutnya.
4.
Siswa
berdoa dan menjawab salam guru.
|
25
menit
|
1.
Peduli,
tanggung jawab, rasa ingin tahu, disiplin.
2.
Peduli,
tanggung jawab.
3.
Religius.
|
G. Sumber Belajar
M. Cholik Adinawan, Sugiono, Matematika
2A untuk SMP kelas VIII Semester 1, Erlangga, 2007.
H. Evaluasi
Ulangan
Harian :
1.
Gambarlah
garis dengan persamaan .
2.
Hitunglah nilai a jika garis yang menghubungkan
titik dan mempunyai gradien 1.
3.
Tentukan persamaan garis yang bergradien 4 dan melalui
titik .
4.
Tentukan persamaan garis yang melalui titik dan tegak lurus dengan garis .
Jumlah
nilai = jumlah skor x 10
Mengetahui,
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
(nama) (nama)
NIP NIP
Casino UK Review - Welcome Bonus up to £1000
BalasHapusRead our Casino UK review ➤ Join ☆ read about bonuses ✓ games and bonuses 강원랜드 ✓ security ✓ security ✓ free spins.Casino 바카라검증사이트 Games: 550+Deposit Methods: Skrill, Skrill, EcoPayz, 라이브스코어 사이트 Rating: 3.9 3 3 토토 · Review 백 스트레이트 by Woorico Casinos