SILABUS
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Semester :
I (Satu)
Kelas :
VIII Tahun Pelajaran :
2012-2013
Standar Kompentensi :
Memahami bentuk Aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
Contoh instrumen
|
||||||
1.1Melakukan operasi aljabar
1.2. Menguraikan bentuk aljabar kedalam faktor-faktornya
|
Bentuk Aljabar
Bentuk Aljabar
|
Tatap Muka(TM)
Mendiskusikan hasil operasi penjumlahan dan
pengurangan pada bentuk aljabar.
Mendiskusikan hasil operasi kali, bagi
dan pangkat pada bentuk aljabar.
Penugasan Terstruktur
Mengerjakan
latihan dari buku paket
Mengerjakan
latihan dari LKS
Kuis
Tatap Muka (TM)
Mendata
factor suku aljabar berupa konstanta atau variabel.
Menentukan
faktor-faktor bentuk aljabar dengan cara menguraikan bentuk aljabar tersebut.
Penugasan Terstruktur
Mengerjakan
latihan dibuku paket
Kuis
PR
|
1.1.1Menyelesaikan operasi penjumlahan dan
pengurangan pada bentuk aljabar
1.1.2 Menyelesaikan operasi kali, bagi, dan pangkat pada
bentuk aljabar
1.2.1Menentukan faktor suku aljabar
1.2.2Menguraikan bentuk aljabar kedalam
faktor-faktornya
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes lisan
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
Daftar pertanyaan
Uraian
|
Tentukan hasil dari:
Tentukan hasil dari:
Sebutkan variabel pada bentuk
berikut:
4x + 3
(5a – 6)(4a+1)
Faktorkanlah 6a - 3b + 12
Tentukan bentuk
penjabaran dari
!
|
1 x 40
1x 40
1 x 40
1 x 40
|
Guru
Buku paket BSe
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP / MTSn ....
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/I
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran ( 2 pertemuan )
A.
Standar
Kompetensi
1.
Memahami
bentuk alajabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Melakukan Operasi aljabar
C.
Indikator
Pertemuan Pertama dan Kedua
1.
Menyelesikan
operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar.
Pertemuan Ketiga, Keempat dan Kelima
2.
Menyelesaikan
operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Siswa
dapat menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan pada opersi aljabar
Pertemuan Kedua
2.
Siswa
dapat menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
E.
Materi
Ajar
Opersi hitung bentuk aljabar
F.
Metode
Pembelajaran
Diskusi, Tanya jawab dan pemberian tugas
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Nilai Karakteristik
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi
1.
Mengarahkan
siswa untuk mengenal tentang operasi hitung bentuk aljabar.
Motivasi
2.
Menekankan
manfaat pembelajaran kepada siswa.
Introduksi
3.
Memberikan
gambaran tentang meteri yang akan dipelajari.
4.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
Eksplorasi
5.
Mengarahkan
siswa untuk mengenal penerapan operasi hitung bentuk aljabar yg sering
dilakukan sehari-hari.
|
1.
Memperhatikan
penjelasan guru
2.
Memperhatikan
3.
Mendengarkan,
4.
memperhatikan
5.
memperhatikan
dan menangggapi penjelasan guru
|
1.
Disiplin
2.
Rasa
ingin tahu
|
10 mnt
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi dan Elaborasi
1.
Mengarahkan
siswa untuk mendiskusikan materi mengenai operasi tambah dan kurang bentuk
alajabar
2.
Memberikan
contoh soal mengenai operasi tambah, kurang bentuk alajabar.
3.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk mencatat materi yang telah dipelajari
4.
Meminta
siswa mengerjakan latihan pada buku paket secara berkelompok.
5.
Meninjau
pekerjaan siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa utk bertanya.
|
1.
Mendiskusikan
materi sesuai arahan guru
2.
Memperhatikan
& mengerjakan contoh soal yg diberikan
3.
Mencatat
4.
Mengerjakan
latihan yang diberikan secara berkelompok
5.
Bertanya
|
1.
Kreatif
2.
Disiplin
3.
Kerja
keras
4.
Rasa
ingin tahu
|
60 mnt
|
Penutup
|
Konfirmasi
1.
Meminta
siswa untuk menyimpulkan pembelajaran
2.
Memberikan
PR
|
1.
Menyimpulkan
pelajaran
2.
Memperhatikan
dan mendengarkan
|
1.
Kreatif
2.
Rasa
ingin tahu
|
10 mnt
|
Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Nilai Karekteristik
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi
1.
Mengarahkan
siswa untuk mengingat kembali pembelajaran mengenai opersi tambah, kurang
bentuk aljabar.
Motivasi
2.
Menjelaskan
kegunaan materi dalam kehidupan sehari-hari
Introduksi
3.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
Eksplorasi
4.
Mengarahkan
siswa untuk mengingat kembali opersi tambah, kurang bentuk aljabar.
|
1.
Memperhatikan
dan mengingat kembali
2.
Memperhatikan
3.
Mendengarkan
dan memperhatikan
4.
Mengingat
kembeli pelajaran sebelumnya
|
1.
Disiplin
2.
Rasa
ingin tahu
|
10 mnt
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi dan Elaborasi
1.
Menjelaskan
materi mengenai operasi kali, bagi dan pangkat bentuk aljabar
2.
Meminta
siswa kembali mendiskusikan tentang operasi kali, bagi dan pangkat bentuk
aljabar.
3.
Memberikan
contoh soal mengenai operasi kali, bagi dan pangkat bentuk alajabar.
4.
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mencatat
5.
Meminta
siswa mengerjakan latihan pada buku paket
6.
Meninjau
pekerjaan siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
|
1.
Memperhatikan
penjelasan guru
2.
Mendiskusikan
operasi kali, bagi dan pangkat bentuk aljabar
3.
Mengerjakan
contoh soal
4.
Mencatat
5.
Mengerjakan
latihan
6.
Bertanya
jika ada materi yang belum dipahami
|
1.
Disiplin
2.
Kerja
keras
3.
Kreatif
4.
Mandiri
5.
Rasa
ingin tahu
|
60 mnt
|
Penutup
|
Konfirmasi
1.
Meminta
siswa menyimpulkan pelajaran hari ini
2.
Meminta
siswa mengumpulkan tugas
3.
Memberikan
PR yang terdapat pada LKS
|
1.
Menyimpulkan
pelajaran
2.
Mengumpulkan
tugas
3.
Memperhatikan
|
1.
Kreatif
2.
Disiplin
3.
Rasa
ingin tahu
|
10 mnt
|
H.
Alat dan Sumber Bahan Ajar
1.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
2.
Sumber
Dewi Nuharini
dan Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep
dan Aplikasinya Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.
I.
Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menyelesaikan operasi tambah dan
kurang pada bentuk aljabar.
· Menyelesaikan operasi kali, bagi
dan pangkat pada bentuk aljabar
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Berapakah:
(2x + 3) + (-5x – 4)
· Berapakah
(-x + 6)(6x – 2)
· Tentukan koefisien, variabel, dan konstanta dari bentuk
aljabar
!
Adakah suku sejenisnya?
· Tentukan hasil dari:
a.
b.
c.
d.
e.
· Selesaikanlah.
a.
b.
c.
d.
e.
· Sederhanakanlah.
a.
b.
|
a.
Penilaian
Kognitif
Pemberian latihan secara individu, yaitu mengerjakan
LKS
b.
Penilaian
Afektif
Aspek-aspek yang dinilai adalah;
1.
Kemampuan
siswa mengemukakan pendapat
2.
Kemampuan
siswa dalam mengerjakan tugas individu
Mengetahui,
KEPALA SMP / MTSn GURU
MATA PELAJARAN
NIP: NIP:
Materi Ajar
Pertemuan Pertama
·
Menyelesaikan
operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar
1.
Pengertian
koefisien, variabel, konstanta dan suku.
a.
Variabel
adalah lambing pengganti suatu bilangan
yang belum diketahui dengan jelas. Variabel sering disebut dengan peubah yang
biasa dilambangkan dengan huruf kecil a,
b,c…,z.
Contoh: Pada bentuk aljabar 5x -3 =
12, berarti x
adalah variabel atau peubah.
b.
Konstanta
adalah suku dari suatu bentuk aljabar
yang berupa bilangan dan tidak memuat variabel.
Contoh: 3-4x2-x
memiliki konstanta yaitu 3.
c.
Koefisien pada bentuk aljabar adalah faktor
konstanta dari suatu suku pada bentuk aljabar.
Contoh: Tentukan koefisien x pada bentuk aljabar 2x2
+ 6x -3
Jawab: koefisien x
dari 2x2+6x-3 adalah 6
d.
Suku adalah variabel beserta koefisiennya
atau konstanta pada bentuk aljabar yang dipisahkan oleh operasi jumlah atau
selisih.
Contoh: Tentukan banyak suku pada bentuk aljabar 2x2
+ 6x -3
Jawab: Banyak suku pada 2x2 + 6x -3 adalah
3, yaitu 2x2, 6x
dan -3
e.
Suku-suku sejenis adalah suku yang memiliki variabel dan pangkat dari
masing-masing variabel yang sama.
Contoh: Tentukan suku-suku sejenis pada bentuk aljabar 3x2-2x+3y+x2+5x+10
Jawab: suku-suku sejenis pada 3x2-2x+3y+x2+5x+10
adalah i). 3x2 dan x2
ii). -2x dan 5x
2.
Operasi
hitung pada bentuk aljabar
a.
Penjumlahan
dan Pengurangan
Operasi penjumlahan dan pengurangan pada
bentuk aljabar dapat diselesaikan dengan menggunakankan sifat komutatif,
asosiatif dan distributif dengan memperhatikan suku-suku sejenis. Perhatikan
contoh-contoh berikut.
Contoh:
1. Sederhanakanlah bentuk aljabar
a.
3x2-2x+3y+x2+5x+10
b.
9a+8b-2b+5a
Jawab:
a. 3x2-2x+3y+x2+5x+10
= 3x2+x2-2x+5x+3y+10
= (3+1)x2+(-2+5)x+3y+10
= 4x2+3x+3y+10
b. 9a+8b-2b+5a
= 9a+5a+8b-2b
=
(9+5)a + (8-2)b
= 14a + 6b
2. Tentukan
jumlah dari 12x2 – 9x +
6 dan
-7x2 + 8x – 14
Jawab:
12x2
– 9x + 6 + (-7x2
+ 8x – 14) = 12x2 – 9x + 6 - 7x2 + 8x – 14
= 12x2 – 7x2 –
9x + 8x + 6 – 14
= 5x2 – x – 8
Pertemuan
Kedua
·
Menyelesaikan
opersai kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
1.
Perkalian
i.
Perkalian
suatu bilangan dengan bentuk aljabar
Bentuk umum
K(ax + b) = kax + kb
|
Contoh: 8(-x2+3x)
= -8x2+ 24x
ii.
Perkalian
antara bentuk aljabar dengan bentuk aljabar
Perkalian antara bentuk aljabar dengan
bentuk aljabar memanfaatkan sifat distributif.
Bentuk umum perkalian aljabar suku dua dengan suku dua.
(ax +b)(cx + d) = ax(cx + d) + b(cx + d)
= ax(cx)+ax(d)+b(cx)+bd
= acx2 + (ad+bc)x + bd
|
Contoh:
(ax+b)2 = (ax+b) (ax + b)
= ax(ax+b) + b(ax+b)
= ax(ax)+ax(b)+b(ax)+b2
=a2x2+abx+abx+b2
= a2x2+2abx+b2
2.
Pembagian
Telah dipelajari sebelumnya bahwa jika
bilangan a dapat diubah menjadi a = p x q dengan a, p,q bilangan bulat. Maka p
dan q disebut faktor-faktor dari a.
Misalkan : 2x2yz2 = 2 x x2 x y x z2.
:
x3y2z = x3x y2 x z
Pada bentuk aljabar tersebut, 2, x2, y dan z2 adalah faktor dari 2x2yz2
sedangkan x3, y2 dan z adalah faktor dari x3y2z.
Faktor
sekutu (faktor yang sama) dari 2x2yz2 dan x3y2z
adalah x2, y dan z, sehingga diperoleh
=
berdasarkan contoh disamping dapat disimpulkan
bahwa jika dua bentuk aljabar memiliki faktor sekutu yang sama maka hasil bagi
kedua bentuk aljabar tersebut dapat ditulis dalam bentuk yang lebih sederhana.
3.
Perpangkatan
bentuk aljabar
Operasi perpangkatan diartikan sebagai operasi
perkalian berulang dengan unsur yang sama. Bentuk umum
an = axaxa…xa (sebanyak n kali
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP N 1 Matur
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/I
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran ( 2 pertemuan )
A.
Standar Kompetensi
1. Memahami
bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus.
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menguraikan
bentuk aljabar kedalam faktor-faktornya
C.
Indikator
Pertemuan
Pertama
1. Menetukan
faktor suku aljabar
Pertemuan Kedua
2. Menguraikan
bentuk aljabar kedalam faktor-faktornya
D.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1. Menetukan
faktor suku aljabar
Pertemuan Kedua
2. Menguraikan
bentuk aljabar kedalam faktor-faktornya
E.
Materi Ajar
Pemfaktoran
bentuk aljabar
F.
Metode Pembelajaran
Diskusi,
Tanya jawab dan pemberian tugas
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Kegiatan
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Nilai Karakteristik
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi
1.
Mengarahkan
siswa untuk mengenal tentang pemfaktoran bentuk aljabar.
Motivasi
2.
Menekankan
manfaat pembelajaran kepada siswa.
Introduksi
3.
Memberikan
gambaran tentang meteri yang akan dipelajari.
4.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
Eksplorasi
5.
Mengarahkan
siswa untuk mengingat kembali materi mengenai KPK dn FPB.
|
1.
Memperhatikan
penjelasan guru
2.
Memperhatikan
3.
Mendengarkan,
4.
memperhatikan
5.
mengingat
kembali dan menangggapi penjelasan guru
|
1.
Disiplin
2.
Rasa
ingin tahu
|
10 mnt
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi dan Elaborasi
1.
Mengarahkan
siswa untuk mendiskusikan materi mengenai faktorisasi bentuk-bentuk aljabar.
2.
Mendiskusikan
contoh soal mengenai pemfaktoran bentuk-bentuk aljabar.
3.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk mencatat materi yang telah dipelajari
4.
Meminta
siswa mengerjakan latihan pada buku paket secara berkelompok.
5.
Meninjau
pekerjaan siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
|
1.
Mendiskusikan
materi sesuai arahan guru
2.
Mendiskusikan
dan mengerjakan contoh soal yang diberikan
3.
Mencatat
4.
Mengerjakan
latihan yang diberikan secara berkelompok
5.
Bertanya
|
1.
Kreatif
2.
Disiplin
3.
Kerja
keras
4.
Rasa
ingin tahu
|
60 mnt
|
Penutup
|
Konfirmasi
1.
Meminta
siswa untuk menyimpulkan pembelajaran
2.
Memberikan
PR
|
1.
Menyimpulkan
pelajaran
2.
Memperhatikan
dan mendengarkan
|
1.
Kretaif
2.
Rasa
ingin tahu
|
10 mnt
|
Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Nilai Karekteristik
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi
1.
Meminta siswa untuk mengingat kembali
cara menfaktorkan bentuk aljabar.
Motivasi
2. Mengarahkan dan menekankan kepaa siswa mengenai keterkaitan materi
hari ini dengan materi selanjutnya.
Introduksi
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
Eksplorasi
4. Mengarahkan siswa untuk memahami cara menguraikan bentuk aljabar kedalam
faktor-faktornya
|
1. Mengingat dan menyebutkn kembali.
2. Memperhatikan
3. Memperhatikan
4. Memperhatikan
|
1.
Disiplin
2.
Rasa ingin tahu
|
10 mnt
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi dan Elaborasi
1.
Memperkenalkan cara menguraikan
bentuk-bentuk aljabar.
2.
Memberikan contoh-contoh soal tentang cara menguraikan setiapbentuk-bentuk
aljabar kedalam faktor-faktornya.
3.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk mencatat materi yang telah dipelajari.
4.
Memberikan latihan untuk melihat
tingkat pemahaman siswa
5.
Meninjau pekerjaan siswa dan memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya.
|
1. Memperhatikan penjelasan guru.
2. Mengerjakan contoh-contoh soal yang diberikan guru.
3. Mencatat materi yang telah dipelajari.
4. Mengerjakan latihan
5. Bertanya
|
1.
Disiplin
2.
Kreatif
3.
Mandiri
4.
Rasa ingin tahu
|
60 mnt
|
Penutup
|
Konfirmasi
1.
Meminta siswa menyimpulkan pelajaran
hari ini dengan Tanya jawab
2.
Meminta siswa mengumpulkan tugas yang
telah diberikan sebelumnya
3.
Memberikan PR
|
1. Menyimpulkan pelajaran
2. Mengumpulkan tugas
3. Memperhatikan
|
1.
Kreatif
2.
Disiplin
3.
Rasa ingin tahu
|
10mnt
|
H.
Alat dan Sumber Bahan Ajar
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
Sumber
Dewi Nuharini
dan Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep
dan Aplikasinya Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.
I.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menentukan faktor suku aljabar
· Menguraikan bentuk aljabar ke
dalam faktor-faktornya
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
Uraian
pilihan ganda
Uraian
pilihan ganda
|
Sebutkan variabel pada bentuk
berikut:
1.
4x + 3
2.
2p – 5
3.
(5a – 6)(4a+1)
Faktorkanlah 6a - 3b + 12
Faktorkan bentuk aljabar berikut!.
a.
b.
c.
d.
e.
Tentukan bentuk penjabaran dari
!
Bentuk
mempunyai ...
a.
4 faktor c. 4 suku
b. 3 faktor d.
3 suku
|
a.
Penilaian
Kognitif
Pemberian latihan secara individu, yaitu mengerjakan
LKS
b.
Penilaian
Afektif
Aspek-aspek yang dinilai adalah;
1.
Kemampuan
siswa mengemukakan pendapat
2.
Kemampuan
siswa dalam mengerjakan tugas individu
Mengetahui,
Matur,
Juli 2011
KEPALA
SMP N 1 MATUR GURU MATA PELAJARAN
NIP: NIP:
MATERI AJAR
A.
Pemfaktoran
Bentuk Aljabar.
Pemfaktoran (faktorisasi) bentuk aljabar adalah
menyatakan bentuk penjumlahan menjadi suatu perkalian dari bentuk aljabar tersebut
Ada beberapa faktorisasi bentuk aljabar antara lain:
Bentuk ax + ay + az + … dan ax + bx – cx
Bentuk aljabar yang terdiri atas dua suku atau lebih dan
memiliki faktor sekutu dapat difaktorkan dengan menggunakan sifat distributuf.
ax + ay + az + …
= a(x + y + z + …)
ax + bz – cx = x
(a + b – c)
1. Memfaktorkan
suku dua bentuk aljabar
Faktorkanlah
bentuk aljabar berikut:
a. 2x +
2y b. 2x2 – 10x
jawab:
a. 2x + 2y
memiliki faktor sekutu 2, sehingga 2x + 2y = 2(x + y)
b. 2x2
– 10x = 2x (x) – 2x (5) = 2x (x
- 5).
Bentuk selisih
dua kuadrat :
Perhatikan
bentuk (
. Bentuk ini dapat ditulis :
(
=
=
Bentuk
disebut selisih dua kuadrat
Bentuk ax2
+ bx + c dengan a = 1
Bentuk aljabar x2 + 5x + 6 memenuhi bentuk
x2 + bx + c untuk menfaktorkan bentuk x2 + bx + c
dilakukan dengan cara mencari dua bilangan real yang hasil kalinya sama dengan
c dan jumlahnya sama dengan b.
Misal x2
+ bx + c dengan (x + m)(x + n)
Maka x2 +
bx + c = (x + m)(x + n)
= x2 + mx + nx + mn
=
x2 + (m + n)x + mn
x2 + bx + c = x2 + (m +
n)x + mn
sehingga menjadi:
x2 + bx + c = (x + m)(x + n) dengan m x n = c dan m + n = b
Contoh:
Faktorkanlah bentuk aljabar berikut: x2 +
4x + 3
Jawab:
x2 + 4x + 3 = (x +
1) (x + 3)
Bentuk ax2
+ bx + c dengan a ≠ 1, a ≠ 0.
Bentuk ax2
+ bx + c dengan a ≠ 1, a ≠ 0 dapat difaktorkan dengan cara berikut:
ax2 + bx + c = ax2 + px +
qx + c
Dengan p x q = a
x c dan p + q = b
Untuk
menfaktorkan bentuk aljabar dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:
Menggunakan sifat
diastributif
ax2 +
bx + c = ax2 + px + qx + c, dengan p x q = a x c dan
p + q = b
Menggunakan rumus
ax2 + bx + c = (ax + m)(ax + n)
Dengan m x n = a
x c dan m + n = b.
Contoh:
Faktorkan bentuk aljabar 3x2 + 14x + 15,
dengan menggunakan sifat distribusi dan menggunakan rumus.
Jawab:
-
Menggunakan sifat distribusi
3x2 + 14x + 15 = 3x2 + 9x + 5x +
15
= 3x (x + 3) + 5 (x + 3)
= (3x + 5)(x + 3)
-
Menggunakan rumus
3x2 + 14x + 15 = (3x + 5)(3x + 9)
= (3x + 9)(3x + 5)
= 3(x + 3)(3x + 5)
= (x + 3)(3x + 5)
Jadi, 3x2
+ 14x + 15 = (x + 3)(3x + 5).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar