SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : Kelas : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : I (Satu)
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
3. Menggunakan Teorema
Pythagoras dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
3.1
Mengguna kan Teorema Pythagoras
dalam pemecahan masalah
|
Teorema Pythagoras
|
Menemukan Teorema Pythagoras dengan menggunakan
persegi-persegi secara bekerja sama
|
·
Menemukan Teorema Pythagoras secara bekerja sama
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Jika panjang sisi siku-siku suatu segitiga adalah a cm
dan b cm, dan panjang sisi miring c cm, maka tuliskan hubungan antara a, b,
dan c.
|
2x40mnt
|
Buku teks, kertas berpetak, model Pythagoras
|
Sikap kerja sama
|
Menuliskan rumus Teorema Pythagoras pada segitiga
siku-siku secara cermat dan teliti
|
·
Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua
sisi lain diketahui secara cermat dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Panjang salah satu sisi siku-siku adalah 16 cm dan panjang
sisi miring adalah 20 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku yang lain.
|
2x40mnt
|
Sikap cermat dan teliti
|
|||
Menerapkan Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku
dengan sudut istimewa secara kritis dan kreatif
|
·
Menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku
istimewa (salah satu sudutnya 300, 450, 600)
secara kritis dan kreatif
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300 dan
panjang AC = 13 cm. Hitunglah panjang sisi AB dan BC.
|
4x40mnt
|
Berpikir kritis dan kreatif
|
|||
3.2 Memecahkan
masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan
|
Teorema Pythagoras
|
Mencari perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku
istimewa dengan menggunakan teorema Pythagoras secara kritis dan kreatif
|
·
Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku
istimewa secara kritis dan kreatif
|
Tes tulis
|
Tes Uraian
|
Suatu segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300
Panjang sisi AB = 8 cm. Hitung
panjang sisi-sisi BC dan AC.
|
2x40mnt
|
Buku teks, kertas berpetak, model Pythagoras
|
Berpikir kritis dan kreatif
|
Teorema Pythagoras
|
Menggunakan
teorema Pythagoras untuk menghitung panjang diagonal ,sisi, pada bangun
datar, misal persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb secara kritis dan
kreatif
|
·
Menghitung panjang diagonal pada bangun datar, misal
persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb secara kritis dan kreatif
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Suatu persegi panjang mempunyai panjang 12 cm dan lebar 9 cm. Hitunglah
panjang diagonalnya.
|
2x40mnt
|
Berpikir kritis dan kreatif
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII (Delapan) / I (ganjil)
Materi Pokok : Geometri dan Pengukuran
Alokasi Waktu : 8 x
40 Menit
Jumlah Pertemuan : 4 x
Pertemuan
Standar Kompetensi: Geometri dan Pengukuran
3.
Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar:
3.1. Menggunakan
Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku.
Indikator:
·
Menemukan teorema Pythagoras
·
Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku
·
Menemukan kebalikan teorema Pythagoras
·
Mengenal tripel pythagoras
·
Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku
dengan sudut istimewa (
Materi ajar:
Teorema Pythagoras, yaitu mengenai:
·
Menemukan teorema Pythagoras
·
Menemukan kebalikan teorema Pythagoras
·
Mengenal tripel pythagoras
·
Menerapkan teorema Pythagoras
Matode pembelajaran:
·
Metode: cooperative learning
·
Model: Everyone is a Teachere Here (ETH)
Pertemuan I dan II
Tujuan pembelajaran:
Setelah pembelajaran siswa diharapkan dapat:
·
Menemukan teorema Pythagoras
·
Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi
lainnya diketahui
·
Menemukan kebalikan teorema Pythagoras
Skenario
pembelajaran:
Tahap kegiatan
|
Aktivitas guru
|
Aktivitas siswa
|
Alokasi waktu
|
Karakter yang
diharapkan
|
1.
Kegiatan pendahuluan
·
Menyiapkan
siswa
·
Menyampaikan
batasan pelajaran
·
Menyampaikan
tujuan pelajaran
|
·
Salam, doa,
baca Alquran, dan absensi
·
Memusatkan
perhatian siswa
·
Guru
memberikan batasan materi pelajaran
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator yang akan dicapai
|
·
Siswa menjawab salam, berdo’a, membaca Alquran dan mendengarkan
·
Siswa mendengarkan
·
Siwa mendengarkan
|
10 menit
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Saling menghargai
|
Apersepsi
|
· Guru mengingatkan kembali materi yang telah
dipelajari oleh siswa sebelumnya
|
·
Siswa
mendengarkan dan memperhatikan guru
|
3 menit
|
·
Tanggung jawab
·
Saling menghargai
|
Motivasi
|
·
Guru menyampaikan bahwa apabila materi ini dikuasai
dengan baik maka siswa mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
·
Siswa
memperhatikan pengarahan guru dan mengikuti hal-hal yang disampaikan guru
|
2 menit
|
·
Logis
·
Saling menghargai
|
2.
Kegiatan inti
Eksplorasi
|
· Guru meminta siswa membaca bahan pelajaran terkait
materi yang sedang dipelajari
· Guru menjelaskan materi pelajaran dengan memberi
pengetahuan terbatas kepada siswa mengenai materi.
· Guru memberikan contoh soal
|
·
Siswa membaca
materi pelajaran pada buku sumber
·
Siswa
mendengarkan dan mencatat materi yang dijelaskan
·
Siswa mengerjakan contoh soal yang diberikan guru
|
10 menit
|
·
Berfikir kreatif
·
Keja sama
·
Saling menghargai
·
Peduli
·
Tanggung jawab
|
Elaborasi
|
· Guru membagikan kartu indeks kepada setiap siswa,
kemudian guru meminta siswa membuat sebuah pertanyaan pada kartu indeks, baik
mengenai materi maupun soal.
Guru membimbing dan mengarahkan siswa
dalam pembuatan soal
· Guru mengumpulkan dan mengocok kartu indeks, kemudian
mengembalikan kartu indeks kepada setiap siswa.
Pastikan bahwa kartu yang didapat siswa
bukanlah kartu yang mereka tulis sebelumnya.
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menyelesaikan pertanyaan yang mereka dapatkan.
Jawaban pertanyaan ditulis pada bagian
bawah atau belakang kartu indeks.
· Guru meminta siswa menjelaskan jawaban pertanyaan
yang mereka dapatkan di depan kelas, siswa dapat diminta secara suka rela
atau dipilh secara acak.
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk
menanggapi presentasi siswa yang tampil. Siswa yang melakukan presentasi
disesuaikan dengan indikator dan waktu pembelajaran.
|
· Siswa menerima kartu indeks dan membuat pertanyaan
pada kartu indeks yang mereka terima
·
Siswa
mengumpulkan kartu indeks, kemudian menerima kartu indeks lain yang berisi
pertanyaan yang dibuat oleh temannya
·
Siswa
menyelesaikan soal
·
Siswa
melakukan presentasi jawaban mereka di depan kelas
·
Siswa menanggapi
presentasi temannya yang tampil
|
35 menit
|
·
Berfikir kreatif
·
Keja sama
·
Saling menghargai
·
Peduli
·
Tanggung jawab
·
Teliti
·
Pecaya diri
·
Kritis
|
Konfirmasi
|
· Guru memberikan konfirmasi atas penampilan dan
tanggapan siswa.
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mengajukan pertanyaan mengenai materi yang dianggap sulit dan memberikan
penjelasan terhadap pertanyaan tersebut.
· Guru memberikan umpan balik kepada siswa dengan
memberikan penguatan.
· Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang dan belum bisa mengikuti pelajaran.
|
· Siswa mendengarkan
· Siswa bertanya
· Siswa mendengarkan
· Siswa mendengarkan
|
10 menit
|
·
Berfikir kreatif
·
Saling menghargai
·
Peduli
·
Kritis
·
Percaya diri
·
Logis
·
Santun
|
3.
Kegiatan penutup
|
·
Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
·
Guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk pemantapan materi.
·
Guru meminta
siswa untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya mengenai Menghitung
perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300,
450, 600)
·
Guru mengajak siswa berdo’a di akhir pembelajaran.
|
·
Siswa bersama
guru menyimpulkan materi
·
Siswa
mendengarkan
·
Siswa
mendengarkan
·
Siswa berdo’a dan mengucapkan salam kepada guru.
|
10 menit
|
·
Kerjasama
·
Kritis
·
Logis
·
Mandiri
·
Tanggung jawab
·
Saling menghargai
·
Religius
|
Alat
dan Sumber Belajar
Alat : Kartu
indeks
Sumber
Belajar : Buku Matematika SMP Kelas VIII semester I
Penilaian
Teknik : Tugas individu
Bentuk
instrumen : Soal Essay
Contoh instrumen:
No.
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Diketahui segi tiga ABC yang siku-siku di
B, dengan panjang AB = 16 cm dan sisi miringnya AC = 20 cm. hitunglah :
a)
ACB
b)
BAC
c)
Panjang BC
|
a)
60°
b)
45°
c)
12 cm
|
35
30
35
|
Jumlah
|
100
|
Cara
Penilaian
Pertemuan III dan IV
Tujuan pembelajaran:
Setelah pembelajaran siswa diharapkan dapat:
·
Menemukan teorema Pythagoras
·
Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi
lainnya diketahui
·
Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku
dengan sudut istimewa (
Skenario
pembelajaran:
Tahap kegiatan
|
Aktivitas guru
|
Aktivitas siswa
|
Alokasi waktu
|
Karakter yang
diharapkan
|
1.
Kegiatan pendahuluan
·
Menyiapkan
siswa
·
Menyampaikan
batasan pelajaran
·
Menyampaikan
tujuan pelajaran
|
·
Salam, doa,
baca Alquran, dan absensi
·
Memusatkan
perhatian siswa
·
Guru
memberikan batasan materi pelajaran
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator yang akan dicapai
|
·
Siswa menjawab salam, berdo’a, membaca Alquran dan
mendengarkan
·
Siswa mendengarkan
·
Siwa mendengarkan
|
10 menit
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Saling menghargai
|
Apersepsi
|
· Guru mengingatkan kembali materi yang telah
dipelajari oleh siswa sebelumnya
|
·
Siswa
mendengarkan dan memperhatikan guru
|
3 menit
|
·
Tanggung jawab
·
Saling menghargai
|
Motivasi
|
·
Guru menyampaikan bahwa apabila materi ini dikuasai
dengan baik maka siswa mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
·
Siswa
memperhatikan pengarahan guru dan mengikuti hal-hal yang disampaikan guru
|
2 menit
|
·
Logis
·
Saling menghargai
|
2.
Kegiatan inti
Eksplorasi
|
· Guru meminta siswa membaca bahan pelajaran terkait
materi yang sedang dipelajari
· Guru menjelaskan materi pelajaran dengan memberi
pengetahuan terbatas kepada siswa mengenai materi.
· Guru memberikan contoh soal
|
·
Siswa membaca
materi pelajaran pada buku sumber
·
Siswa
mendengarkan dan mencatat materi yang dijelaskan
·
Siswa mengerjakan contoh soal yang diberikan guru
|
10 menit
|
·
Berfikir kreatif
·
Keja sama
·
Saling menghargai
·
Peduli
·
Tanggung jawab
|
Elaborasi
|
· Guru membagikan kartu indeks kepada setiap siswa,
kemudian guru meminta siswa membuat sebuah pertanyaan pada kartu indeks, baik
mengenai materi maupun soal.
Guru membimbing dan mengarahkan siswa
dalam pembuatan soal
· Guru mengumpulkan dan mengocok kartu indeks, kemudian
mengembalikan kartu indeks kepada setiap siswa.
Pastikan bahwa kartu yang didapat siswa
bukanlah kartu yang mereka tulis sebelumnya.
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menyelesaikan pertanyaan yang mereka dapatkan.
Jawaban pertanyaan ditulis pada bagian
bawah atau belakang kartu indeks.
· Guru meminta siswa menjelaskan jawaban pertanyaan
yang mereka dapatkan di depan kelas, siswa dapat diminta secara suka rela
atau dipilh secara acak.
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk
menanggapi presentasi siswa yang tampil. Siswa yang melakukan presentasi
disesuaikan dengan indikator dan waktu pembelajaran.
|
· Siswa menerima kartu indeks dan membuat pertanyaan
pada kartu indeks yang mereka terima
·
Siswa
mengumpulkan kartu indeks, kemudian menerima kartu indeks lain yang berisi
pertanyaan yang dibuat oleh temannya
·
Siswa
menyelesaikan soal
·
Siswa
melakukan presentasi jawaban mereka di depan kelas
·
Siswa menanggapi
presentasi temannya yang tampil
|
35 menit
|
·
Berfikir kreatif
·
Keja sama
·
Saling menghargai
·
Peduli
·
Tanggung jawab
·
Teliti
·
Pecaya diri
·
Kritis
|
Konfirmasi
|
· Guru memberikan konfirmasi atas penampilan dan
tanggapan siswa.
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mengajukan pertanyaan mengenai materi yang dianggap sulit dan memberikan
penjelasan terhadap pertanyaan tersebut.
· Guru memberikan umpan balik kepada siswa dengan
memberikan penguatan.
· Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang dan belum bisa mengikuti pelajaran.
|
· Siswa mendengarkan
· Siswa bertanya
· Siswa mendengarkan
· Siswa mendengarkan
|
10 menit
|
·
Berfikir kreatif
·
Saling menghargai
·
Peduli
·
Kritis
·
Percaya diri
·
Logis
·
Santun
|
3.
Kegiatan penutup
|
·
Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
·
Guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk pemantapan materi.
·
Guru meminta
siswa untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya mengenai menerapkan Teorema
Pythagoras.
·
Guru mengajak siswa berdo’a di akhir pembelajaran
|
·
Siswa bersama
guru menyimpulkan materi
·
Siswa
mendengarkan
·
Siswa
mendengarkan
·
Siswa berdo’a dan mengucapkan salam kepada guru.
|
10 menit
|
·
Kerjasama
·
Kritis
·
Logis
·
Mandiri
·
Tanggung jawab
·
Saling menghargai
·
Religius
|
Alat
dan Sumber Belajar
Alat : Kartu
indeks
Sumber
Belajar : Buku Matematika SMP Kelas VIII semester I
Penilaian
Teknik : Tugas individu
Bentuk
instrumen : Soal Essay
Contoh instrumen:
Alat
dan Sumber Belajar
Alat : Kartu
indeks
Sumber
Belajar : Buku Matematika SMP Kelas VIII semester I
Penilaian
Teknik : Tugas individu
Bentuk
instrumen : Soal Essay
Contoh instrumen:
No.
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
2.
|
Jika panjang sisi siku-siku
suatu segitiga adalah a cm, b cm, dan panjang sisi miring adalah c cm, maka tuliskan hubungan antara a, b, dan c.
Panjang salah satu sisi
siku-siku adalah 16 cm dan panjang sisi miring adalah 20 cm. Hitunglah
panjang sisi siku-siku yang lain.
|
50
50
|
|
Jumlah
|
100
|
Cara
Penilaian
Mengetahui,
Kepala sekolah (nama
Sekolah)
(Nama)
(NIP:)
|
Solok, Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,
(Nama)
(NIP:)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII (Delapan) / I (ganjil)
Materi Pokok : Geometri dan Pengukuran
Alokasi Waktu : 8 x
40 Menit
Jumlah Pertemuan : 4 x
Pertemuan
Standar Kompetensi: Geometri dan Pengukuran
3.
Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar:
3.2. Memecahkan masalah pada bangun datar yang
berkaitan dengan Teorema Pythagoras.
Indikator:
·
Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku
·
menghitung
panjang diagonal, sisi, pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang,
belah ketupat, dsb.
Materi ajar:
Menerapkan teorema Pythagoras
Matode pembelajaran:
·
Metode: cooperative learning
·
Model: Everyone is a Teachere Here (ETH)
·
Ulangan harian pada pertemuan
ke III dan IV
Pertemuan I dan II
Tujuan pembelajaran:
Setelah pembelajaran siswa diharapkan dapat:
·
Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku
·
menghitung
panjang diagonal, sisi, pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang,
belah ketupat, dsb.
·
Mengerjakan soal-soal pada
ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai Teorema Pythagoras.
Skenario
pembelajaran:
Tahap kegiatan
|
Aktivitas guru
|
Aktivitas siswa
|
Alokasi waktu
|
Karakter yang
diharapkan
|
1.
Kegiatan pendahuluan
·
Menyiapkan
siswa
·
Menyampaikan
batasan pelajaran
·
Menyampaikan
tujuan pelajaran
|
·
Salam, doa,
baca Alquran, dan absensi
·
Memusatkan
perhatian siswa
·
Guru
memberikan batasan materi pelajaran
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator yang akan dicapai
|
·
Siswa menjawab salam, berdo’a, membaca Alquran dan
mendengarkan
·
Siswa mendengarkan
·
Siwa mendengarkan
|
10 menit
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Saling menghargai
|
Apersepsi
|
· Guru mengingatkan kembali materi yang telah
dipelajari oleh siswa sebelumnya
|
·
Siswa
mendengarkan dan memperhatikan guru
|
3 menit
|
·
Tanggung jawab
·
Saling menghargai
|
Motivasi
|
·
Guru menyampaikan bahwa apabila materi ini dikuasai
dengan baik maka siswa mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
·
Siswa
memperhatikan pengarahan guru dan mengikuti hal-hal yang disampaikan guru
|
2 menit
|
·
Logis
·
Saling menghargai
|
2.
Kegiatan inti
Eksplorasi
|
· Guru meminta siswa membaca bahan pelajaran terkait
materi yang sedang dipelajari
· Guru menjelaskan materi pelajaran dengan memberi
pengetahuan terbatas kepada siswa mengenai materi.
· Guru memberikan contoh soal
|
·
Siswa membaca
materi pelajaran pada buku sumber
·
Siswa
mendengarkan dan mencatat materi yang dijelaskan
·
Siswa mengerjakan contoh soal yang diberikan guru
|
10 menit
|
·
Berfikir kreatif
·
Keja sama
·
Saling menghargai
·
Peduli
·
Tanggung jawab
|
Elaborasi
|
· Guru membagikan kartu indeks kepada setiap siswa,
kemudian guru meminta siswa membuat sebuah pertanyaan pada kartu indeks, baik
mengenai materi maupun soal.
Guru membimbing dan mengarahkan siswa
dalam pembuatan soal
· Guru mengumpulkan dan mengocok kartu indeks, kemudian
mengembalikan kartu indeks kepada setiap siswa.
Pastikan bahwa kartu yang didapat siswa
bukanlah kartu yang mereka tulis sebelumnya.
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menyelesaikan pertanyaan yang mereka dapatkan.
Jawaban pertanyaan ditulis pada bagian
bawah atau belakang kartu indeks.
· Guru meminta siswa menjelaskan jawaban pertanyaan
yang mereka dapatkan di depan kelas, siswa dapat diminta secara suka rela
atau dipilh secara acak.
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk
menanggapi presentasi siswa yang tampil. Siswa yang melakukan presentasi
disesuaikan dengan indikator dan waktu pembelajaran.
|
· Siswa menerima kartu indeks dan membuat pertanyaan
pada kartu indeks yang mereka terima
·
Siswa
mengumpulkan kartu indeks, kemudian menerima kartu indeks lain yang berisi
pertanyaan yang dibuat oleh temannya
·
Siswa
menyelesaikan soal
·
Siswa
melakukan presentasi jawaban mereka di depan kelas
·
Siswa menanggapi
presentasi temannya yang tampil
|
35 menit
|
·
Berfikir kreatif
·
Keja sama
·
Saling menghargai
·
Peduli
·
Tanggung jawab
·
Teliti
·
Pecaya diri
·
Kritis
|
Konfirmasi
|
· Guru memberikan konfirmasi atas penampilan dan
tanggapan siswa.
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mengajukan pertanyaan mengenai materi yang dianggap sulit dan memberikan
penjelasan terhadap pertanyaan tersebut.
· Guru memberikan umpan balik kepada siswa dengan
memberikan penguatan.
· Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang dan belum bisa mengikuti pelajaran.
|
· Siswa mendengarkan
· Siswa bertanya
· Siswa mendengarkan
· Siswa mendengarkan
|
5 menit
|
·
Berfikir kreatif
·
Saling menghargai
·
Peduli
·
Kritis
·
Percaya diri
·
Logis
·
Santun
|
3.
Kegiatan penutup
|
·
Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
·
Guru memberikan
kuis yang mengandung indikator pemahaman konsep untuk pemantapan materi.
·
Guru meminta
siswa untuk memahami materi
dan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi mengenai Teorema
Pythagoras di rumah.
·
Guru mengajak siswa berdo’a di akhir pembelajaran
|
·
Siswa bersama
guru menyimpulkan materi
·
Siswa
menyelesaikan kuis yang diberikan oleh guru
·
Siswa
mendengarkan apa yang di
sampaikan guru.
·
Siswa berdo’a dan mengucapkan salam kepada guru.
|
15 menit
|
·
Kerjasama
·
Kritis
·
Logis
·
Mandiri
·
Tanggung jawab
·
Saling menghargai
·
Religius
|
Alat
dan Sumber Belajar
Alat : Kartu
indeks
Sumber
Belajar : Buku Matematika SMP Kelas VIII semester I
Penilaian
Teknik : Tugas individu
Bentuk
instrumen : Soal Essay dan Pilihan Ganda
Contoh instrumen:
No.
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
2.
|
Suatu persegi panjang mempunyai
panjang 9 cm dan lebar 7 cm. Tentukan panjang diagonalnya!
Ali menyeberang
sungai yang lebarnya 15 m.
Jika Ali terbawa arus sejauh 8 m, maka jarak yang ditempuh untuk menyeberangi sungai adalah ….
a. 17
m c. 19 m
b.
18 m d. 20 m
|
a.
17 m
|
50
50
|
Jumlah
|
100
|
Cara
Penilaian
Pertemuan ke III dan IV
Tujuan pembelajaran
Setelah pembelajaran siswa
diharapkan dapat:
·
Mengerjakan soal-soal pada
ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai Teorema Pythagoras.
Skenario
pembelajaran:
Tahap kegiatan
|
Aktivitas guru
|
Aktivitas siswa
|
Alokasi waktu
|
Karakter yang
diharapkan
|
1.
Kegiatan pendahuluan
·
Menyiapkan
siswa
·
Menyampaikan
tujuan pelajaran
|
·
Salam, doa,
baca Alquran, dan absensi
·
Memusatkan
perhatian siswa
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator yang akan dicapai
|
·
Siswa menjawab salam, berdo’a, membaca Alquran dan
mendengarkan
·
Siwa mendengarkan
|
10 menit
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Saling menghargai
|
Apersepsi
|
· Guru mengingatkan kembali materi – materi yang telah dipelajari oleh siswa sebelumnya
|
·
Siswa
mendengarkan dan memperhatikan guru
|
3 menit
|
·
Tanggung jawab
·
Saling menghargai
|
Motivasi
|
·
Guru menyampaikan bahwa apabila materi ini dikuasai
dengan baik maka siswa mampu mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan
baik serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
·
Siswa
memperhatikan pengarahan guru dan mengikuti hal-hal yang disampaikan guru
|
2 menit
|
·
Logis
·
Saling menghargai
|
2.
Kegiatan inti
Eksplorasi
|
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca
bahan pelajaran terkait materi yang telah dipelajari
· Guru meminta siswa untuk menyiapkan kertas ulangan dan
peralatan tulis secukupnya di atas meja.
|
·
Siswa membaca
materi pelajaran pada buku sumber
·
Siswa
mendengarkan dan menyediakan peralatan tulis di atas meja.
|
10 menit
|
·
Berfikir kreatif
·
Keja sama
·
Saling menghargai
·
Tanggung jawab
|
Elaborasi
|
· Guru membagikan lembar soal ulangan harian
kepada siswa
· Guru megingatkan
kepada siswa untuk berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan hasil
belajar.
· Guru mengingatkan
waktu pengerjaan soal ulangan harian serta diberi peringatan bahwa ada sanksi
bila peserta didik mencontek.
· Guru meminta siswa
untuk mengumpulkan kertas jawaban ulangan harian jika waktu pengerjaan soal
telah selesai.
|
· Siswa menerima lembar soal yang diberikan oleh guru dan
mengerjakannya sesuai dengan aturan yang diberikan oleh guru.
· Siswa mendengarkan
apa yang disampaikan oleh guru.
· Siswa mendengarkan
apa yang disampaikan oleh guru.
·
Siswa mengumpulkan lembar
jawaban ulangan harian.
|
40 menit
|
·
Berfikir kreatif
·
Saling menghargai
·
Peduli
·
Tanggung jawab
·
Teliti
·
Pecaya diri
·
Mandiri
·
Jujur
|
Konfirmasi
|
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa.
|
·
Siswa bertanya kepada guru dan menjawab pertanyaan
guru.
|
10 menit
|
·
Berfikir kreatif
·
Saling menghargai
·
Peduli
·
Kritis
·
Percaya diri
·
Logis
|
3.
Kegiatan penutup
|
·
Guru meminta
siswa untuk mempelajari materi
pada apertemuan berikutnya yaitu mengenai lingkaran di rumah.
·
Guru mengajak siswa berdo’a di akhir pembelajaran
|
·
Siswa
mendengarkan apa yang di
sampaikan guru.
·
Siswa berdo’a dan mengucapkan salam kepada guru.
|
5 menit
|
·
Mandiri
·
Tanggung jawab
·
Saling menghargai
·
Religius
|
Alat
dan Sumber Belajar
Alat : Lembar soal ulangan
harian
Sumber
Belajar : Buku Matematika SMP Kelas VIII semester I
Penilaian
Teknik : Tugas individu
Bentuk
instrumen : Soal Essay dan Pilihan Ganda
Contoh instrumen:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar