Silabus Pembelajaran Matematika Berbasis KTSP
untuk Sekolah Menengah Pertama
(SMP)
Sekolah :
.................................
Kelas :
VIII (Delapan)
Mata Pelajaran :
Matematika
Semester :
I (satu)
ALJABAR
Standar Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi,
fungsi, dan persamaan garis lurus
Kompetensi Dasar
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber belajar
|
||
Tekhnik
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
||||||
1.3 Memahami relasi dan fungsi
|
Relasi dan fungsi
|
Menyebutkan hubungan yang merupakan suatu fungsi
melalui masalah sehari-hari, misal hubungan antara nama kota dengan
negara/propinsi, nama siswa dengan ukuran sepatu.
|
· Menjelaskan
dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
relasi dan fungsi
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Berikan contoh dalam
kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi!
|
2x40mnt
|
Buku
teks
Lingkungan
|
Menuliskan suatu fungsi
menggunakan notasi
|
· Menyatakan
suatu fungsi dengan notasi
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Harga gula 1 kg Rp
5600,00. Harga a kg gula 5600 a
rupiah.Nyatakan dalam bentuk fungsi a !
|
1x40mnt
|
|||
1.4 Menentukan nilai fungsi
|
Fungsi
|
Mencermati cara
menghitung nilai fungsi dan menentukan nilainya.
|
· Menghitung
nilai fungsi
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Jika f(x) = 4x -2 maka
nilai f(3)=
|
2x40mnt
|
|
Menyusun suatu fungsi
jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui
|
· Menentukan
bentuk fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jika f(x) = px + q, f(1) = 3 dan
f(2) = 4, tentukan f(x).
|
2x40mnt
|
|||
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VIII/
I
Alokasi Waktu :
3 x 40 ( Tiga Pertemuan )
A.
Standar kompetensi
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus
B.
Kompetensi Dasar
1.3. Memahami relasi dan fungsi
C.
Indikator
1.3.1. Menjelaskan dengan kata-kata
dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
1.3.2. Menyatakan suatu
fungsi dengan notasi
D.
Tujuan Pembelajaran
a.
Peserta
didik dapat membuat contoh relasi dan fungsi yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
b.
Peserta
didik dapat menyatakan relasi.
c.
Peserta
didik dapat menentukan domain, kodomain dan range suatu fungsi.
E.
BAHAN AJAR
1.
Relasi
1) Pengertian Relasi.
Relasi dan himpunan A kehimpunan B adalah hubungan yang memasangkan
anggota-anggota himpunan A dengan anggota-anggota himpunan B.
2) Cara Menyajikan Suatu Relasi.
Suatu relasi dapat dinyatakn dengan 3 cara yaitu dengan diagram panah,
diagram, cartesius, dan diagram pasangan berurutan.
a.
Dengan diagram panah
Dengan diagram panah ini yaitu relasi pelajaran yang disukai dari
himpunan A kehimpunan B. Arah panah menunjukan anggota-anggota himpunan A yang
berelasi dengan anggota-anggota tertentu pada himpunan B.
b.
Dengan diagram cartesius
Relasi antara himpunan A dan B dapat dinyatakan dengan diagram
cartesius anggota-anggota-anggota himpunan A berada pada sumbu mendatar dan
anggota-anggota himpunan B berada pada sumbu tegak. Setiao pasangan anggota
himpunan A yang berada dengan anggota himpunan B dinyatakan dengan titik atau
noktah.
c.
Dengan diagram pasangan
berurutan .
Himpunan pasangan berurutan.
Contoh :
Diketahui A = { 1,2,3,4,5,6 }, B = { 1,2,3,........12} dan relasi dari
A ke B adalah relasi “setengah dari”. Nyatakan relasi tersebut dalam bentuk:
a.
Diagram panah.
b.
Diagram cartesius.
c.
Diagram pasangan
berurutan.
Penyelesaian :
a.
Dengan diagram panah.
a. Dengan diagram pasangan berurutan.
Misalkan relasi
“setengah dari” dan himpunan A kehimpunan B adalh R, maka R = {( 1,2 ), ( 2,4
), (3,6 ), (4,8 ), (5,10 ), (6,12 )}.
1.
Fungsi atau Pemetaan
1. Pengertian Fungsi
Fungsi adalah relasi
khusus yang memasangkan setiap anggota A dengan tepat satu anggota B.
Nama Siswa
|
Berat Badan
|
IJU
UCOK
RARA
BOELAN
ANA
IRAH
|
35
34
30
35
33
32
|
Dari diagram di atas dapat diketahui hal-hal sebagai berikut :
a. Setiap siswa memiliki berat badan
Hal ini berarti setiap anggota a mempunyai kawan atau pasangan dengan
anggota b .
b. Setiap siswa memiliki tepat satu berat badan
Hal ini berarti setiap anggota a mempunyai tepat satu kawan atau
pasangan dengan annggota b.
Syarat suatu relasi merupakan pemetaan atau fungsi adalah:
a. Setiap anggota A mempunyai pasangan di B.
b. Setiap anggota A dipasangkan dengan tepat satu anggota.
1.
|
|
|
Diagram di atas menggambarkan fungsi yang memetakan x
anggota himpunan A ke Y anggota himpunan B notasi fungsinya dapat ditulis
sebagai berikut :
f : xa y atau f : xa f(X)
Dibaca :
XII. Fungsi f memetakan x anggota A ke anggota B.
XIII. Himpunan A disebut domain (daerah asal).
XIV. Himpunan B disebut kodomain(daerah kawan).
XV. Himpunan C Є B yang memuat Y disebut range (daerah hasil).
Dalam hal ini, Y = f (x) disebut
bayangan atau peta X oleh fungsi f variabel X dapat diganti dengan sebarang
anggota himpunan A dan disebut variabel bebas. Adapun variabel Y anggota
himpunan B yang merupakan bayangan X oleh fungsi f ditentukan oleh aturan yang
didefinisikan dan disebut variable bergantung.
Misalkan bentuk fungsi f(x) = ax + b untuk menentukan
nilai fungsi untuk x tentukan dengan cara mengganti (menyubsitusi) nilai x pada
bentuk fungsi f(x)=ax + b
Contoh :
a. Perhatikan diagram panah pada gambar di atas tentukan:
1. domain
2. kodomain
3. range
b. Bayangan dari 1,2,3,4,dan 5 oleh fungsi f.
Penyelesaian :
1. Domain = A={1,2,3,4,5}.
2. Kodomain = B={a.b.c.d.e}.
3. Range ={a,c,e}.
4. Bayangan 1 oleh fungsi f adalah f(1) = a.
Bayangan 2 oleh fungsi f adalah f(2) = a.
Bayangan 3 oleh fungsi f adalah f(3) = a.
Bayangan 4 oleh fungsi f adalah f(4) = a.
Bayangan 5 oleh fungsi f adalah f(5) = a.
A.
Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian
tugas
B. Model Pembelajaran
Contekstual Teahing and Learning (CTL)
C.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap kegiatan
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas siswa
|
Nilai Karaktristik
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru
mengucapkan salam dan mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin do’a.
-
Guru
mengabsen siswa.
|
-
Siswa
menjawab salam dan berdo’a.
-
Siswa
merespon absen guru.
|
- Religius
- Disiplin, dan kepedulian
|
10’
|
Apersepsi
-
Mengkaitkan pelajaran hari ini dengan
materi sebelumnya
|
-
Memperhatikan
-
Menanggapi
|
-
Rasa ingin tahu
-
Disiplin
|
||
Motivasi
-
Menjelaskan kegunaan materi ini dalam
kehidupan sehari-hari
|
-
Memperhatikan
-
Mendengar
|
-
Rasa ingin tahu
|
||
Introduksi
- Menjelaskan
tujuan pembelajaran
- Memberikan
gambaran tentang materi yang akan dipelajari
|
-
Memperhatikan
-
Mendengarkan
-
Memperhatikan
-
Mendengarkan
|
-
Rasa ingin tahu
-
Rasa ingin tahu
|
||
Kegiatan inti
|
Eksplorasi
- Menjelaskan
pengertian tentang relasi dan fungsi serta mengkait dengan kehidupan sehari-hari, cara menyatakan
relasi dan menentukan domain, kodomain, dan range suatu fungsi
- menjelaskan
materi yang berhubungan aljabar yaitu
menuliskan suatu fungsi menggunakan notasi
- Menjelaskan
mengenai cara menyatakan relasi
dari suatu himpunan ke himpunan lain dengan menggunakan diagram panah,
himpunan pasangan berurutan, dan diagram Cartesius
|
-
Memperhatikan
-
Mendengarkan
-
Memperhatikan
-
Mendengarkan
-
Memperhatikan
-
Mendengarkan
-
Memperhatikan
-
Mendengarkan
-
Memperhatikan
-
Mendengarkan
|
-
Rasa ingin tahu
-
Rasa ingin tahu
-
Rasa ingin tahu
|
60’
|
Elaborasi
- Meminta
siswa menyelesaikan contoh soal mengenai relasi dan fungsi dengan menngunakan notasi.
- Meminta
siswa mencatat materi yang telah diberikan
- Meminta
siswa mengerjakan soal latihan pada buku paket
- Berjalan
ke meja siswa untuk melihat pekerjaan siswa
- Memberikan
kesempatan kepada siswa yang ingin bertanya
|
-
Mengerjakan contoh soal yang diberikan
-
Mencatat
-
Mengerjakan soal latihan pada buku
paket
-
Mengerjakan soal latihan pada buku
paket
-
Bertanya mengenai materi yang belum di
mengerti
|
-
Kreatif
-
Kerja keras
-
Mandiri
-
Kerja keras
-
Mandiri
-
Kerja keras
-
Mandiri
-
Kreatif
-
Disiplin
-
Kerja keras
-
Mandiri
-
Kreatif
-
Disiplin
-
Rasa ingin tahu
-
Jujur
-
Kreatif
|
||
Konfirmasi
- Menyimpulkan
pelajaran hari ini bersama siswa
|
- Menyimpulkan
pelajaran
|
-
Kreatif
-
Kerja keras
|
||
Penutup
|
- Memberikan
PR
- Meminta
siswa membaca materi selanjutnya di rumah
|
- Mendengarkan
- Mendengarkan
|
- Rasa
ingin tahu.
- Kerja
keras, disiplin dan rasa ingin tahu.
|
10’
|
A.
Sumber ajar dan Media
1. Sumber.
·
Dewi nuharani dan
Triwahyuni 2008. Matematika konsep dan aplikasi untuk kelas VIII SMP dan MTS.
Husein Tompomas matematika untuk kelas VIII SMP .
2. Media.
·
Chart.
B.
Penilaian
Teknik : Tes tertulis.
Bentuk instrument : Essay.
Contoh Instrument:
No
|
Soal
|
Kunci soal
|
Bobot
|
Skor
|
||||||||||||||
1
|
Gambarlah diagram panah untuk menunjukan relasi factor dari himpunan
A = { 2, 3, 5, 6 } ke himpunan B = { 1, 2, 3, 4, 5, 6 } kemudian tuliskan
himpunan pasangan yang berurutan yang menyatakan relasi itu..
|
Diket: himpunan A = { 2, 3, 5, 6 }
himpunan B = { 1,
2, 3, 4, 5, 6 }
Ditanya:Diagram panah
Jawab: Diagram panah
Himpunan pasangan berurutan yang menyatakan relasi factor dari
himpunan A ke himpunan B adalah {
(2,2) . (2,4) . (2,6) . (3,3) . (3,6) . (5,5) . (6,6) }
A B
|
20
40
40
|
100
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
(
.........................................................)
NIP/NIK :…………..……………….
|
........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.
(............................................)
NIP/NIK :…….…………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VIII/
I
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit ( Dua Pertemuan )
- Standar kompetensi
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus.
B. Kompetensi Dasar
1.4 Menentukan nilai fungsi.
- Indikator
1.4.1. Menghitung nilai fungsi
1.4.2. Menentukan bentuk fungsi jika nilai
dan data fungsi diketahui.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini
diharapkan:
1. Peserta didik dapat menghitung nilai fungsi
2. Peserta didik dapat menentukan
nilai fungsi
3. Peserta didik dapat menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data
fungsi diketahui
E. BAHAN AJAR
1.
Pertemuan Pertama
Menghitung Nilai Peubah
Fungsi Jika Nilai Variabel Berubah.
Suatu fungsi f(x) mempunyai variabel x tertentu,kita
dapat menghitung nilai fungsi nya. Jika nilai variabel suatu fungsi berubah
maka akan menyebabkan perubahan pada nilai fungsinya.
Contoh:
Misalkan fungsi f ditentukan oleh f : x →5x+3 dengan domain {x/-1 Є x
Є 3,xЄ bilangan bulat}.
Tentukan nilai fungsi dari variabel x.
Penyelesaian : f(-1) = 5(-1)+3 = -2
f(0) = 5(0)+3 = 3
f(1) = 5(1)+3 = 8
f (2) = 5(2)+3 = 13
f(3) = 5(3)+3 = 18
Jika variabel x diubah menjadi
x + 3 maka kita harus menentukan nilai dan fungsi f (x+3) untuk menentukan
nilai f(x+3) terlebih dahulu kita harus menentukan variabel baru yaitu (x+3)
sehingga diperolehva variabel baru sebagai berikut :
-1+3=2
0+ 3=3
1+3=4
2+3=5
3+3=6
Setelah kita menentukan nilai-nilai variabel baru yaitu
(x+3)=2,3,4,5,6. Tentukan nilai-nilai f(x+3) berdasarkan pemetaan f :
(x+3)→5(x+3)+3.
Dengan demikian diperoleh:
f(2)=5(2)+3=13
f(3)=5(3)+3=18
f(4)=5(4)+3=23
f(5)=5(5)+3=28
f(6)=5(6)+3=33
Nilai perubahan fungsi dari f(x) menjadi f(x+3) yaitu selisih antara
f(x) dan f(x+3) dituliskan f(x+3)-f(x).
Untuk menentukan nilai
perubahan fungsi f(x) dapat dinyatakan seperti tabel berikut:
X
|
-1
|
0
|
1
|
2
|
3
|
f(x)=5x+3
|
-2
|
3
|
8
|
13
|
18
|
x+3
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
f(x+3)=5(x+3)+3
|
13
|
18
|
23
|
28
|
33
|
f(x+3)-f(x)
|
15
|
15
|
15
|
15
|
15
|
Berdasarkan tabel di atas tampak bahwa untuk semua nilai x Є domain
nilai perubahan fungsi f(x+3)-f(x)=15.
2. Pertemuan Kedua
Menentukan Bentuk Fungsi Jika Nilai dan Data
Fungsi Diketahui.
ƒ
Dari a oleh fungsi f
dinyatakan dengan f(a) himpunan semua peta membentuk daerah hasil fungsi
itu f(a) juga dinamakan nilai fungsi f untuk a.
Contoh: 1. Fungsi f didefenisikan dengan rumus f(x) =
x2 – 4 dengan X Є R tentukan:
a. Peta 3 oleh f
b. Nilai f untuk x = 1
c. Bilangan a, sehingga f(a) = 12
Penyelesaian:
Karena untuk
setiap X Є R terdapat f(x) = x2 – 4 maka
a. f (3) = 32 – 4
= 9 – 4
= 5
b. f (1) = 12 – 4
= 1 – 4
= 3
c. f (a) = 12
a2 – 4 = 12
a2 = 19
a = 4 atau a= -4
A.
Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran : Ceramah,
tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas
B. Model Pembelajaran
Contekstual Teahing and Learning (CTL)
- Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Tahap kegiatan
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas siswa
|
Nilai Karaktristik
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru
mengucapkan salam dan mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin do’a.
-
Guru
mengabsen siswa.
|
-
Siswa
menjawab salam dan berdo’a.
-
Siswa
merespon absen guru.
|
- Religius
Disiplin,
dan kepedulian
|
10’
|
Apersepsi
-
Mengkaitkan pelajaran hari ini dengan
materi sebelumnya
|
-
Memperhatikan
-
Menaggapi
|
- Rasa
ingin tahu
- Disiplin
|
||
Motivasi
-
Menjelaskan kegunaan materi ini dalam
kehidupan sehari-hari
|
-
Memperhatikan
-
Mendengar
|
- Rasa
ingin tahu
|
||
Introduksi
- Menjelaskan
tujuan pembelajaran
- Memberikan
gambaran tentang materi yang akan dipelajari
|
-
Memperhatikan
-
Mendengarkan
|
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
|
||
Kegiatan inti
|
Eksplorasi
- Menjelaskan
cara menghitung nilai peubah fungsi jika nilai variabel berubah
|
-
Memperhatikan
-
Mendengarkan
|
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
|
60’
|
Elaborasi
- Meminta
siswa menyelesaikan contoh soal mengenai
cara menghitung nilai peubah fungsi yang dinyatakan dalam tabel fungsi
- Meminta
siswa mencatat materi yang telah diberikan
- Meminta
siswa mengerjakan soal latihan pada buku paket
- Berjalan
ke meja siswa untuk melihat pekerjaan siswa
- Memberikan
kesempatan kepada siswa yang ingin bertanya
|
-
Mengerjakan contoh soal yang diberikan
-
Mencatat
-
Mengerjakan soal latihan pada buku
paket
-
Mengerjakan soal latihan pada buku
paket
-
Bertanya mengenai materi yang belum di
mengerti
|
- Kreatif
- Kerja
keras
- Mandiri
- Disiplin
- Rasa
ingin tahu
- Jujur
|
||
Konfirmasi
- Menyimpulkan
pelajaran hari ini bersama siswa
|
- Menyimpulkan
pelajaran
|
- Kreatif
- Kerja
keras
|
||
Penutup
|
- Memberikan
PR
- Meminta
siswa membaca materi selanjutnya di rumah
|
- Mendengarkan
- Mendengarkan
|
- Rasa
ingin tahu.
- Kerja
keras, disiplin dan rasa ingin tahu.
|
10’
|
Pertemuan kedua
Tahap kegiatan
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas siswa
|
Nilai Karaktristik
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru
mengucapkan salam dan mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin do’a.
-
Guru
mengabsen siswa.
|
-
Siswa
menjawab salam dan berdo’a.
-
Siswa
merespon absen guru.
|
- Religius
Disiplin,
dan kepedulian
|
10’
|
Apersepsi
-
Mengkaitkan pelajaran hari ini dengan
materi sebelumnya
|
-
Memperhatikan
-
Menaggapi
|
- Rasa
ingin tahu
- Disiplin
|
||
Motivasi
-
Menjelaskan kegunaan materi ini dalam
kehidupan sehari-hari
|
-
Memperhatikan
-
Mendengar
|
- Rasa
ingin tahu
|
||
Introduksi
- Menjelaskan
tujuan pembelajaran
- Memberikan
gambaran tentang materi yang akan dipelajari
|
-
Memperhatikan
-
Mendengarkan
|
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
|
||
Kegiatan inti
|
Eksplorasi
- Menjelaskan
cara menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi
diketahui.
|
-
Memperhatikan
-
Mendengarkan
|
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
|
60’
|
Elaborasi
- Meminta
siswa menyelesaikan contoh soal mengenai menentukan
bentuk fungsi yang dinyatakan dalam tabel fungsi
- Meminta
siswa mencatat materi yang telah diberikan
- Meminta
siswa mengerjakan soal latihan pada buku paket
- Berjalan
ke meja siswa untuk melihat pekerjaan siswa
- Memberikan
kesempatan kepada siswa yang ingin bertanya
|
-
Mengerjakan contoh soal yang diberikan
-
Mencatat
-
Mengerjakan soal latihan pada buku
paket
-
Mengerjakan soal latihan pada buku
paket
-
Bertanya mengenai materi yang belum di
mengerti
|
- Kreatif
- Kerja
keras
- Mandiri
- Disiplin
- Rasa
ingin tahu
- Jujur
|
||
Konfirmasi
- Menyimpulkan
pelajaran hari ini bersama siswa
|
- Menyimpulkan
pelajaran
|
- Kreatif
- Kerja
keras
|
||
Penutup
|
- Memberikan
PR
- Meminta
siswa membaca materi selanjutnya di rumah
|
- Mendengarkan
- Mendengarkan
|
- Rasa
ingin tahu.
- Kerja
keras, disiplin dan rasa ingin tahu.
|
10’
|
A.
Sumber Ajar dan Media
1. Sumber.
·
Dewi nuharani dan
Triwahyuni 2008. Matematika konsep dan aplikasi untuk kelas VIII SMP dan MTS.
Husein Tompomas matematika untuk kelas VIII SMP .
2. Media.
·
Chart.
B.
Penilaian
1. Teknik : Tes tertulis
2. Soal : Essay
Contoh Instrument:
Pertemuan Pertama.
No
|
Soal
|
Kunci soal
|
Bobot
|
Skor
|
1.
|
Misalkan fungsi
f ditentukan oleh f : x → 5x+3 dengan domain {x /-1 ≤ x ≤ 3,xЄ B}.
Tentukan nilai
fungsi dari variabel x ?
|
Diket : fungsi f ditentukan oleh f : x
→5x+3 dengan domain {x/-1≤ x≤3,X Є bilangan bulat}.
Ditanya : nilai fungsi dari x
Jawab:
f(-1) = 5(-1)+3= -2 f(0)=5(0)+3= 3 f(1)=5(1)+3= 8 f (2)=5(2)+3= 13f(3)=5(3)+3= 18
|
25
75
|
100
|
Pertemuan Kedua
No
|
Soal
|
Kunci soal
|
Bobot
|
skor
|
1
|
Fungsi f
didefenisikan dengan rumus f(x) = x2 – 4 dengan X Є R tentukan:
a.
Peta 3 oleh f.
b.
Nilai f untuk x = 1.
c.
Bilangan a, sehingga
f(a) = 12.
|
Diket: Fungsi f didefenisikan dengan rumus f(x) = x2
– 4 dengan X Є R
Ditanya:
a.
Peta 3 oleh f
b.
Nilai f untuk x = 1
c.
Bilangan a, sehingga f(a)
= 12
Jawab:
Karena untuk setiap X Є R terdapat f(x) = x2 – 4 maka
a.
f (3) = 32 –
4
= 9 – 4
= 5
b.
f (1) = 12
– 4
= 1 – 4
= 3
c.
f (a) = 12
a2 – 4 = 12
a2 = 19
a = 4 atau a= -4
|
25
75
|
100
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
(
.........................................................)
NIP/NIK :…………..……………….
|
........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.
(............................................)
NIP/NIK :…….…………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar