Sabtu, 19 Januari 2013

RPP SMP kelas VIII semester 1 SK 2, KD 2.1 dan 2.2 oleh Dinillah Karisma



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

I.                   Identitas
Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            :           Matematika
Kelas                           :           VIII (Delapan)
Semester                      :           Ganjil / I (Satu)
Jumlah Pertemuan       :           6x40 menit (3 kali pertemuan)
Standar Kompetensi   : 2. Memahami Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar       : 2.1. menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.
Indikator         :1. Menyebutkan perbedaan PDLV dan SPLDV.
                                     2. Menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel.
                                     3. Menentukan akar SPLDV dengan subtitusi dan eliminasi.
 Tujuan Pembelajaran  : 1. Peserta didik dapat menyebutkan perbedaan persamaan linear dua   variabel (PLDV) dan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)
                                      2. Peserta didik dapat menentukan himpunan penyelesaian  dari SPLDV dengan metode grafik, subtitsi dan eliminasi.
II.                MATERI AJAR
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel:
a.       Mengingat Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV)
b.      Mengenal Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV)
c.       Menentukan penyelesaian Persamaan Linear Dua Variabel dan menggambar grafik.
d.      Mengenal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
e.       Menentukan penyelesaian Persamaan Linear Dua Variabel
A.    Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran: kooperatif tipe head together
            Metode pembelajaran : - diskusi        
 - tanya jawab
 - penugasan/pemberian tugas
B.     Sumber Pembelajaran
Buku paket kelas VIII semester 1.
C.    Langkah-langkah pembelajaran
Waktu :( 2 x 40 menit) x 3 pertemuan

No
Kegiatan pendidik
Kegiatan peserta didik
Waktu
1
Pendahuluan
- Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya, persamaan linear satu variabel (PLDV)
- pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka  Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)
-Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)
- Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
-peserta didik mengingat kembali tentang persamaan linear satu variabel (PLDV)
-Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai) 
10 menit
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
- pendidik membentuk Peserta didik kedalam  beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4 - 5 orang yang sudah direncanakan.
- pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
-p-pendidik memberikan LKS  yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin, tanggung jawab)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
konfirmasi
-pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)
Eksplorasi
- Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK:Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)
- peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin, tanggung jawab)
- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (NK: Tanggung jawab, disiplin)
- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).
konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)
-peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)
- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)
10 menit
20 menit
25 menit
3
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
 
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
Penutup
-peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)
- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-peserta didik mengucapkan hamdalah (NK: Religius)
15 menit
 

D.    Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menyebutkan PLDV dan SPLDV.
Ø  Menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
Ø  Menentukan akar SPLDV dengan subtitusi dan eliminasi
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes uraian
Isian singkat
Uraian
Perhatikan bentuk
6x + 3y = 3
x – 3y = 6
a.       apakah merupakan sistem persamaan?
b.      Ada berapa variabel?
c.       Apa variabelnya?
d.      Disebut apakah persamaan tersebut?
 Manakah yang SPLDV?
a. 6x + 3y = 3
   x – 3y = 6
b. 6x+ 3y ≤ 3
   x – 3y = 6
c. 6x + 3y > 3
  x – 2y = 6
d. 6x + 3y -3 =0
  x – 3y – 6 = 0
Selesaikan SPLDV berikut ini:
3x + 4y – 20 = 0
4x = 3y + 10
 

E.      Pedoman Penilaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar