RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.
Identitas
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : Ganjil / I (Satu)
Jumlah Pertemuan : 6x40 menit (3
kali pertemuan)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 2.1. menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.
Indikator :1.
Menyebutkan perbedaan PDLV dan SPLDV.
2. Menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk dan
variabel.
3. Menentukan akar SPLDV dengan subtitusi dan
eliminasi.
Tujuan Pembelajaran : 1. Peserta didik dapat menyebutkan perbedaan persamaan linear
dua variabel (PLDV) dan sistem persamaan
linear dua variabel (SPLDV)
2. Peserta didik dapat menentukan himpunan penyelesaian dari SPLDV dengan metode grafik, subtitsi dan
eliminasi.
II.
MATERI AJAR
Sistem Persamaan Linear
Dua Variabel:
a.
Mengingat
Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV)
b.
Mengenal
Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV)
c.
Menentukan
penyelesaian Persamaan Linear Dua Variabel dan menggambar grafik.
d.
Mengenal
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
e.
Menentukan
penyelesaian Persamaan Linear Dua Variabel
A. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran:
kooperatif tipe head together
Metode pembelajaran : - diskusi
- tanya jawab
- penugasan/pemberian tugas
B. Sumber Pembelajaran
Buku paket kelas VIII semester
1.
C. Langkah-langkah pembelajaran
Waktu :( 2 x 40 menit) x 3
pertemuan
No
|
Kegiatan
pendidik
|
Kegiatan
peserta didik
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
-
Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru
meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
-
Pendidik mengingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya, persamaan linear
satu variabel (PLDV)
-
pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari
dapat dipahami, maka Peserta Didik
dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
-
Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan
mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada
peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar
Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)
|
-Peserta
didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)
-
Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
-peserta
didik mengingat kembali tentang persamaan linear satu variabel (PLDV)
-Peserta
didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)
-
peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK :
menghargai)
-
peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK :
menghargai)
|
10
menit
|
2
|
Kegiatan
inti
Eksplorasi
-
pendidik membentuk Peserta didik kedalam
beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4 - 5 orang yang sudah
direncanakan.
-
pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan
memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa
memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
-p-pendidik
memberikan LKS yang berisikan materi
sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin, tanggung
jawab)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada
Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu
yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi
tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang
lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap
kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
konfirmasi
-pendidik meminta peserta didik yang
nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok
didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan
kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor
yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
-
Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK:
Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa
hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)
|
Eksplorasi
-
Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik.
(NK:Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)
-
peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta
memasangkan topi dengan benar.
Elaborasi
-
peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin, tanggung jawab)
-
Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik
dalam waktu 15 menit.
(NK: Tanggung jawab, disiplin)
-
peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).
konfirmasi
-
peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan
kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)
-peserta didik mengikuti proses diskusi
dengan serius (NK: Menghargai prestasi)
- peserta didik mengumpulkan hasil
diskusi
(NK:Tanggung jawab)
|
10
menit
20
menit
25
menit
|
3
|
Penutup
-
Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai
Prestasi)
-
Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
-
Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan hamdalah (NK: Religius)
|
Penutup
-peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)
- Peserta didik menjawab Pertanyaan
dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-peserta didik mengucapkan hamdalah
(NK: Religius)
|
15
menit
|
D. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
Ø Menyebutkan PLDV dan SPLDV.
Ø Menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk
dan variabel
Ø Menentukan akar SPLDV dengan subtitusi dan
eliminasi
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tes uraian
Isian singkat
Uraian
|
Perhatikan bentuk
6x + 3y = 3
x – 3y = 6
a.
apakah
merupakan sistem persamaan?
b.
Ada
berapa variabel?
c.
Apa
variabelnya?
d.
Disebut
apakah persamaan tersebut?
Manakah yang SPLDV?
a. 6x + 3y = 3
x – 3y = 6
b. 6x+ 3y ≤ 3
x – 3y = 6
c. 6x + 3y > 3
x – 2y = 6
d. 6x + 3y -3 =0
x – 3y – 6 = 0
Selesaikan
SPLDV berikut ini:
3x
+ 4y – 20 = 0
4x
= 3y + 10
|
E.
Pedoman
Penilaian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar